Berita Kupang

Tarif Angkutan di Kabupaten Kupang Resmi Naik

sementara tarif bagi pelajar dan mahasiswa Bupati menetapkan tarif sebesar 50 persen dari penumpang umum

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO
DEMO - Sopir angkutan umum jenis mikrolet di Kabupaten Kupang mogok jalan menuntut kenaikan tarif. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Tarif angkutan umum di Kabulaten Kupang resmi naik setelah Bupati Kupang, Korinus Masneno meneken Perbup kenaikan tarif angkutan umum, Sabtu 10 Sepetember 2022.

Peraturan baru itu dikeluarkan sebagai tindak lanjut dari keputusan Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat menaikan tarif angkutan umum pasca kenaikan BBM skala nasional.

Dalam Keputusan peraturan Bupati Kupang tersebut memutuskan tarif angkutan umum dengan batas atas berada pada 20 persen diatas harga pokok angkutan.

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni Rute Lewoleba - Kupang, September Berangkat 4 Kali, Harga Tiket 139 Ribu

Sementara batas bawah berada 10 persen dari tarif pokok angkutan yang disesuaikan dengan jarak tempuh satu trayek.

Pada poin ketiga peraturan tersebut Bupati Korinus menjelaskan dasar tarif angkutan untuk 1 KM adalah Rp. 320,2. Jadi batas atasnya adalah Rp. 384,21 dan batas bawah Rp. 288,18.

Tarif diatas berlaku untuk penumpang umum sementara tarif bagi pelajar dan mahasiswa Bupati menetapkan tarif sebesar 50 persen dari penumpang umum untuk semua jurusan atau trayek.

Jadi tarif baru tersebut disesuaikan dengan jarak trayek yang ada di Kabupaten Kupang yang kini jumlahnya ada 37 trayek baik trayek perintis maupun trayek tetap.

Baca juga: Pesparani Ke-2 di Kupang Nusa Tenggara Timur Gambarkan Kehidupan Beragama di Indonesia

Di Kabupaten Kupang trayek terpendek ada pada jalur Batakte-terminal Tabun dengan jarak 8 KM jadi sebagai harga dasar trayek yakni Rp. 2.562 dengan batas atas Rp. 3000 dan batas bawah Rp. 2.305. Tarif tersebut naik Rp. 1000 dari tarif sebelumnya yakni Rp. 2000

Sementara trayek terjauh ada di jurusan terminal Noelbaki-Oepoli dengan jarak tempuh 186 KM dan menetapkan tarif dasar sebesar Rp. 59.557 dan batas atas yakni Rp. 71.500 dan batas bawah Rp. 53.601. Tarif trayek ini tidak berubah dari harga sebelumnya.

Untuk itu Bupati Kupang meminta kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang mengawasi pelaksanaan keputusan ini.

Kepala bidang LLAJ Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang Jack Taiboko saat dikonfirmasi menjelaskan peraturan ini sudah disiarkan secara lansung lewat radio RSKK.

Selain itu mereka juga akan bekerja sama dengan polres Kupang dalam hal ini satuan lalu lintas untuk mensosialisasikan tarif baru ini.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved