Berita Kota Kupang

Agustus 2022 Catat 24 Kasus Lakalantas, Ini Pesan Kapolresta Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto dalam kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) di Taman Pantai Kelurahan LLBK

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE
Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna mengajak seorang warga bernyanyi dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) di Taman Pantai LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere


POS-KUPANG.COM, KUPANG - Satuan Lalu-Lintas Polresta Kupang Kota mencatat sepanjang Bulan Agustus 2022 terjadi 24 kasus lakalantas.
Dari jumlah kasus tersebut, korban meninggal dunia berjumlah empat orang, korban luka berat sebanyak empat orang, sedangkan korban luka ringan berjumlah 31 orang.

Kerugian material yang dialami akibat dari 24 kasus lakalantas tersebut mencapai Rp 20,7 juta.

Sedangkan hingga tanggal 10 September 2022 tercatat sebanyak 9 kasus lakalantas, dengan korban meninggal dunia berjumlah dua orang, sementara korban luka ringan berjumlah 17 orang.

Sementara itu kerugian material yang ditimbulkan akibat dari kasus lakalantas tersebut tercatat berjumlah Rp 8,3 juta.

Artinya kasus lakalantas di Kota Kupang terbilang cukup tinggi dan hampir setiap minggu dapat terjadi kasus lakalantas yang memakan korban jiwa karena faktor penyebab.

Demikian penyampaian Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto dalam kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) bersama masyarakat di Taman Pantai Kelurahan LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022.

Kapolres Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto mengatakan faktor terjadi lakalantas karena kelalaian pengendara saat mengemudikan kendaraannya di jalan raya dan ada juga tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Krisna menjelaskan terkait kejadian lakalantas di Jalan Urip Sumoharjo, samping Kantor Perpustakaan dan Kantor OJK Provinsi NTT pada tanggal Sabtu 2 September 2022 yang menyebabkan seorang pengenda sepeda motor.

"Lakalantas tersebut ketika kelalaian dari pengendara yang melintas dan bersamaan dengan tangki yang memuat BBM dan pengendara tersebut melintas dari sebelah kiri, sedangkan jika pengendara yang hendak melewati kendaraan besar biasanya melewati sebelah kanan, namun ini sebaliknya," ungkap Kapolresta.
Pihaknya meminta kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam berkendaraan di jalan raya, dan wajib mematuhi aturan lalu-lintas agar terhindar dari lakalantas.

Baca juga: Polisi Harus Jadi Teladan Masyarakat

Pihaknya juga meminta kepada setiap pengendara agar wajib memakai helem dam wajib membawa surat-surat kendaraan berupa SIM dan STNK, serta TNKB.
"Kami menindak pelanggaran kasat mata, terutama tidak menggunakan helem, karena untuk kebutuhan dan manfaat dari pengendara bersangkutan," ungkap Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto.

Terkait SIM,  Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto tegaskan menjadi kewajiban dari setiap pengendara untuk menunjukkan legalitas dalam mengemudi, sehingga tidak punya SIM maka akan ditilang. 

Demikian pula STNK dan TNKB menjadi kewajiban dari pengendara yang menunjukkan identitas dari kepemilikan motor bersangkutan.

"Kami menindak pelanggar kasat mata, terutama tidak memakai helem maka akan diikuti dengan pemeriksaan surat SIM dan STNK sehingga kami meminta semua masyarakat pengendara wajib lengkap minimal memakai helem agar lancar dan tertib berkendara di jalan raya," pungkas Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto . (CR14)

Baca juga: Polresta Kupang Kota Ajak Masyarakat Diskusi Kamtibmas Ngopi Bareng di Taman Tagepe, Kelapa Lima

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

NGOPI - Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna didampingi Lurah dan Ketua LPM Kelurahan LLBK sementara memberikan jawaban atas pertanyaan masyatakat dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran)  di Taman Pantai LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022
NGOPI - Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna didampingi Lurah dan Ketua LPM Kelurahan LLBK sementara memberikan jawaban atas pertanyaan masyatakat dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) di Taman Pantai LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022 (POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE)
Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna mengajak seorang warga bernyanyi dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) di Taman Pantai LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022
Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna mengajak seorang warga bernyanyi dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) di Taman Pantai LLBK, Kota Kupang, Sabtu 10 September 2022 (POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved