Berita Manggarai Barat

Ribuan Anggota Parpol Ganda Ditemukan Bawaslu Manggarai Barat NTT

kami juga menyampaikan saran perbaikan terkait adanya aduan masyarakat yang terdaftar dalam keanggotaan Parpol

Editor: Rosalina Woso
KOMPAS.com/Thinkstock
Ilustrasi pemungutan suara 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat menemukan ribuan anggota dari Partai Politik atau Parpol yang ganda dari data pendaftaran 22 Parpolcalon peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kemajuan verifikasi yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita temukan data ganda anggota Parpol di 22 Parpol mencapai ribuan orang. Satu nama terjadi ganda 3 sampai 4 kali," ungkap Frumensius Menti, Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Jumat 9 September 2022.

Baca juga: Wisatawan Terbangkan Drone di Pulau Kalong Labuan Bajo Manggarai Barat yang Harusnya Dilarang

Menganggapi hal tersebut, lanjut Frumen, Bawaslu telah melayangkan saran perbaikan terkait temuan tersebut kepada KPU Kabupaten Manggarai Barat pada masa verifikasi administrasi partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 di Kabupaten Manggarai Barat

"Selain data ganda, kami juga menyampaikan saran perbaikan terkait adanya aduan masyarakat yang terdaftar dalam keanggotaan Parpol ke posko pengaduan yang tersedia di Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat," ujarnya.

Selain itu, Bawaslu Manggarai Barat akan mencermati dengan seksama data keanggotaan Parpol yang berpotensi ganda, serta membuka ruang publik kepada masyarakat untuk melaporkan adanya pelibatan identitas pribadi.

Ia menegaskan, Bawaslu Manggarai Barat juga membuka Posko pengaduan bagi masyarakat yang namanya tercantum dalam keanggotan partai politik. Di mana terdapat 1 orang yang telah mengadukan pencatutan nama oleh Parpol tersebut.

Baca juga: Kalangan Pelajar Paling Banyak Terjebak Aliran Menyimpang di Manggarai Barat

Frumen Menti mendorong, KPU Kabupaten Manggarai Barat segera menindaklanjuti saran perbaikan dari Bawaslu.

"Agar proses pemilu semakin kwalitas, integritas dan martabat," tegasnya.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved