Berita Kota Kupang

Puluhan Lansia Kota Kupang Ikut Senam Jantung Sehat Oleh YJI Cabang Utama NTT

ada juga kegiatan demo untuk para peserta bagaimana adanya orang yang mengalami henti jantung atau tidak sadarkan diri tiba-tiba

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
SENAM - Suasana senam jantung di halaman Bank BPR Christa Jaya, Kota Kupang yang digelar oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama NTT. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Puluhan warga Lanjut Usia atau Lansia di Kota Kupang, NTT ikut ambil bagian dalam senam jantung yang diadakan oleh pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama NTT di halaman Bank BPR Christa Jaya, Kota Kupang.

Salah satu dokter ahli jantung yang hadir dalam kegiatan senam jantung tersebut, dr. Magma Purnawan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menggalakan sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung.

Ia menyebutkan ada 5 hal yang harus dihindari untuk merawat jantung tetap sehat yakni, pertama seimbangkan gizi, enyahkan asap roko, hindari peluang adanya stress, awasi tekanan darah dan tertib berolahraga.

Baca juga: Operasi Timbang di Kota Kupang Sasar Anak-anak Hingga Rumah 

Kata dia, selain melakukan kegiatan olahraga senam, ada juga kegiatan demo untuk para peserta bagaimana adanya orang yang mengalami henti jantung atau tidak sadarkan diri tiba-tiba.

Sementara itu, Pengurus YJI NTT, Ir. Theodorus Widodo mengatakan senam jantung merupakan salah satu program yang diselenggarakan secara rutin yang dilaksanakan oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama NTT.

Disampaikan YJI Cabang Utama NTT menggelar senam jantung setiap bulan, di hari Sabtu pada Minggu pertama di halaman Bank BPR Christa Jaya.

Menurut dia senam jantung ini merupakan program YJI secara nasional.

Ia mengimbau warga Kota Kupang dan sekitarnya datang untuk bersama-sama untuk menjalani kehidupan sehat, khususnya merawat jantung yang sehat.

Baca juga: Road Race Bapera Kota Kupang Cup 2022 Sebagai Wadah Bagi Generasi Muda di NTT

"Senam sehat ini bukan hanya sebuah olahraga, melainkan akan dapat banyak penjelasan tentang panca usaha jantung sehat yang dijelaskan oleh para ahli dokter jantung dan pembulu darah kota kupang," ungkapnya

Ia menyebut kegiatan ini dihadiri hampir semua dosen ahli jantung di Kota Kupang.

Ia menambahkan peserta dalam senam jantung ini bebas." Warga siapa saja bebas untuk ikut senam jantung ini," tambahnya

Penasehat YJI Cabang Utama NTT, Ir. Esthon Foenay mengatakan senam jantung ini sangat sentral dan penting untuk dilaksanakan dan diikuti oleh warga masyarakat.

Menurut dia, jantung merupakan pusat dari kehidupan dari tubuh seorang manusia.

Diharapkan nasehat dan penjelasan dari dokter ahli jantung dalam senam jantung dapat dijadikan sebuah pengetahuan bagi peserta atau warga supaya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain nasehat dan penjelasan para dokter ahli jantung, Mantan Wagub NTT ini meminta supaya warga dapat mengikuti kegiatan senam jantung yang digelar oleh YJI Cabang Utama NTT ini.(*)

Ikuti Berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved