Berita Kota Kupang

Operasi Timbang di Kota Kupang Sasar Anak-anak Hingga Rumah 

menimbang semua balita di TK dan PAUD yang ada di wilayah kerja puskesmas Bakunase, yang terdata sebanyak 32 TK dan Paud. 

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ELLA UZU RASI
Petugas Penyuluh Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Bakunase (Tenaga Promkes) sedang melakukan penyuluhan bagi warga sekitar Pasar Kasih Naikoten I, Rabu (20/05/2020) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan OPD terkait penanganan Stunting di Kota Kupang, terus berupaya mencari sasaran bayi balita untuk ditimbang dan diukur tinggi badan. 

Data pada Puskesmas Bakunase telah memberikan pelayanan kepada 1.767 bayi balita yang telah ditimbang dan diukur tinggi badan, dari total 3.000 sasaran. 

Kepala UPT Puskesmas Bakunase, dr Sartje Nubatonis mengatakan, pihaknya terus melakukan usaha untuk menemukan sasaran bayi dan balita. 

Baca juga: Masyarakat Kota Kupang Berlomba-Lomba Daftar MyPertamina di SPBU Liliba

Petugas melakukan sweeping keliling di setiap kelurahan bersama dengan semua RT dari rumah ke rumah untuk melaksanakan penimbangan pada anak. 

"Kami bersama RT karena mereka yang mengetahui secara pasti warga mereka, jadi kita bisa lebih cepat menemukan sasaran," katanya, Jumat 2 September 2022. 

Selain itu, Puskesmas juga menimbang semua balita di TK dan PAUD yang ada di wilayah kerja puskesmas Bakunase, yang terdata sebanyak 32 TK dan Paud. 

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Oesapa, dr Ovlian Manafe, mengatakan, wilayah kerja Puskesmas Oesapa yaitu di Kecamatan Kelapa Lima dimana ada lima kelurahan, dengan 44 Posyandu.

Dari sasaran proyeksi sebanyak 6.535 sementara sasaran terdata  4.220. Saat ini, jumlah balita yang telah diukur tinggi dan berat badan sebanyak 4.117.

Baca juga: Warga Kota Kupang Minta PT Pertamina Sosialisasi Aplikasi Mypertamina Sebelum Diterapkan

Ia mengatakan, untuk upaya yang dilakukan sebelum bulan operasi timbang digelar, Puskesmas telah melakukan koordinasi di tingkat kecamatan, kelurahan sampai tingkat RT. 

Selain itu, Puskesmas Oesapa juga bermitra dengan Poltekes Prodi Gizi dalam pelaksanaan operasi timbang.

"Pelaksanaan operasi timbang dilaksanakan dengan kolaborasi program imunisasi dan Penyakit Tidak Menular atau PTM," ujarnya. 

Selain itu, pelaksanaan operasi timbang melalui pendekatan titik-titik di rumah RT,  di mana jumlah RT sebanyak 165 di Kecamatan Kelapa Lima.

"Setiap hari pagi dan sore selama bulan Agustus, kami juga melakukan sweeping door to door," tandasnya. (*)

Ikuti berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS

 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved