Berita Sumba Barat

Ribuan Warga Ikut Parade Budaya Berkuda, Meriahkan Pembukaan Pacuan Kuda Sumba  Barat Cup 2022

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H secara resmi membuka kegiatan open turnamen  pacuan kuda Bupati Sumba Barat Cup tahun 2022

Penulis: Petrus Piter | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
PARADE- Pawai budaya berkuda memeriahkan acara pembukaan open turnamen pacuan kuda bupati Sumba Barat tahun 2022 di lapangan pacuan kuda Gelora Pada Eweta, Sabtu 3 September 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK---Ribuan masyarakat dari enam kecamatan se-Kabupaten Sumba Barat lengkap berpakaian adat khas Sumba Barat  beserta kuda pacu  ikut pawai  memeriahkan acara pembukaan open turnamen pacuan kuda Bupati Sumba Barat Cup tahun 2022 di lapangan  pacuan kuda Gelora Pada Eweta Sumba Barat, Sabtu 3 September 2022.

Kegiatan Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade S.H secara resmi membuka kegiatan open turnamen  pacuan kuda Bupati Sumba Barat Cup tahun 2022 yang dihadiri ribuan masyarakat Sumba Barat yang memenuhi lapangan pacuan kuda Gelora Pada Eweta, Sabtu 3 September 2022 siang.

Pawai  budaya  berkuda dimana rombongan  dari enam kecamatan berpakaian lengkap adat Sumba Barat, membawa bola (anyaman) berisi nasi yang dijunjung kaum perempuan, satu  ekor babi dan diiringi gong serta kuda pacu memasuki lapangan pacuan kuda gelora Pada Eweta.

Di depan tribun lapangan pacuan kuda Gelora Pada Eweta, masing-masing rombongan menari dan disambut tepukan tangan meriah seluruh penonton yang memadati tribun lapangan Gelora Pada Eweta.

Terlihat Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H didampingi Bupati Sumba Barat Daya, drg.Kornelius Kodi Mete dan para pimpinan OPD Sumba Barat dan undangan lainnya menyaksikan persembahan tarian dari enam kecamatan itu dari tribun lapangan gelora Pada Eweta.

Selanjutnya, setelah rombongan memasuki lapangan pacuan kuda, berlanjut acara seremoni adat yang dipandu Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat, Charles Weru.

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H dalam sambutannya ketika membuka kegiatan lomba pacuan kuda Bupati Sumba Barat Cup tahun 2022, mengatakan olahraga pacuan kuda merupakan olahraga warisan leluhur yang patut kita jaga dan lestarikan.

Karena itu, ia meminta para pemilik kuda, penonton dan masyarakat umum harus senantiasa menjaga suasana aman dan tertib agar pelaksanaan pacuan kuda kali ini berlangsung aman dan lancar.

Pawai budaya berkuda  merupakan even berharga bagi masyarakat Sumba Barat untuk mengenal dan mencintai budaya Sumba Barat. Karenanya menjadi tanggungjawab bersama menjaga dan melestarikannya.  Dengan demikian, budaya Sumba Barat tetap eksis sepanjang masa.

Pawai budaya berkuda bukan hanya sekedar olahraga berkuda tetapi juga menjadi momen pengembangan pariwisata juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat daerah ini.

Ketua panitia open turnamen pacuan kuda Bupati Sumba Barat Cup tahun 2022, Ferdi Umbu Djowa dalam laporannya menyebutkan, terdapat  500-an ekor kuda pacu yang siap berlaga di 15 kelas  pada lomba  pacuan kuda kali ini.

500-an kuda pacu tersebut berasal dari Kabupaten Sumba Barat selaku tuan rumah, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur,  Ngada, Nagekeo, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, TTU, Belu dan Malaka.

Panitia juga menyediakan hadiah untuk  juara I mendapat uang pembinaan Rp  20 juta, juara II Rp 17,5 juta,   juara III  Rp 15 juta dan  juara IV  Rp 12,5 juta.(pet)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved