Berita Kota Kupang

Wujudkan WBK dan WBBM, Kantor SKIPM Kupang Canangkan Zona Integritas 

dengan segala upaya bersama agar dapat meraih prestasi dalan wilayah bebas dari korupsi dan birokasi bersih melayani

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
PENCANANGAN - Pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM oleh SKIPM Kupang. Selasa 23 Agustus 2022 di hotel Kristal Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kupang (SKIPM) menggelar pencanangan pembangunan zona integritas. 

Kegiatan itu, berlangsung Selasa 23 Agustus 2022 di hotel Kristal Kupang. Sejumlah stakeholder hadir dalam kegiatan itu.

Pencanangan kegiatan itu dimaksudkan untuk mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada kantor terkait. 

Baca juga: Masalah Sampah Harus Jadi Prioritas Program Kerja Penjabat Wali Kota Kupang 

Ridwan selaku Kepala SKIPM Kupang, menjelaskan, sebagai salah satu instansi pelayanan di sektor perikanan, ia menyebut sangat penting untuk melakukan pencanangan pembangunan zona integritas.

SKIPM berkomitmen mewujudkan birokrasi yang bersih dan bebas korupsi dan melayani sepenuh hati. 

"Dengan pencanangan zona integritas, dengan segala upaya bersama agar dapat meraih prestasi dalan wilayah bebas dari korupsi dan birokasi bersih melayani," katanya. 

Budaya kerja dan transparasi serta akuntabilitas akan dikerjakan dengan baik. Komitmen ini sebagai upaya untuk meraih WBK dan WBBM.

Dengan deklarasi ini, Ridwan mengaku, ini bukan menjadi seremonial belaka, akan tetapi untuk langkah nyata dan keseriusan SKIPM Kupang mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

Kepala Ombudsman RI perwakilan NTT, Darius Beda Daton, mengatakan, zona integritas itu dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan publik dan upaya pencegahan korupsi. Pada Perpres 54 tahun 2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi, terdapat tiga sektor prioritas pencegahan korupsi. 

Baca juga: Lantik George Hadjoh Jadi Penjabat Wali Kota Kupang, Ini Pesan Gubernur Viktor Laiskodat

Dia mengurai, tiga sektor itu antara lain perizinan dan perniagaan, keuangan negara dan penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Pembangunan zona integritas dianggap sebagai roll model pembangunan reformasi birokrasi. Dengan ini, akan menjadi penting untuk mencegah korupsi. 

Dalam Permen 90 tahun 2021 juga menegaskan agar pentingnya pembangunan zona integritas. Ada enam area perubahan yang diminta yakni manajemen perubahan, penataan tata laksanaan, Penataan sistem manajemen aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

"Khusus pada area peningkatan pelayanan publik terdapat lima komponen yang wajib diimplementasikan di seluruh instansi pemerintahan," sebutnya. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved