Unwira Kupang

Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Gelar Lomba Aman Calistung bagi Siswa-Siswi SD Tunbaun

Mahasiswa KKNT-PPM Unwira periode genap 2021/2022 lomba Aman di Tunbaun Kecamatan Amarasi Barat

Editor: Ferry Ndoen
Foto Paulina Piran
UNWIRA - Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Gelar Lomba Aman Calistung bagi Siswa-Siswi SD Tunbaun 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Mahasiswa KKNT-PPM Unwira periode genap 2021/2022 mengadakan lomba Aman Calistung bagi siswa-siswi SD di Desa Tunbaun Kecamatan Amarasi Barat, Selasa/09 Agustus 2022.

Kegiatan dengan tema “Berkarya Demi Masa Depan yang Cerah” ini merupakan puncak dari pendampingan yang dilakukan mahasiswa KKNT-PPM Unwira kepada 30 orang siswa-siswi SD yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung.

Kegiatan yang berlangsung di rumah pertemuan Dusun 04 dibuka oleh Ketua Kelompok KKN Petrus Pandang dihadiri oleh siswa-siswi SD dan mahasiswa. Pandang mengatakan bahwa kegiatan lomba tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi anak-anak yang mau belajar mengatasi persoalan belajar terutama membaca, menulis dan berhitung.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengapresiasi semangat belajar siswa-siswi tapi juga untuk mengetahui kemajuan mereka dalam membaca, menulis, berhitung selama satu bulan,” ungkap Pandang.

Ada dua jenis lomba yang dilombakan yakni membaca cerita dan menghitung. Dalam perlombaan siswa-siswi dibagi dalam lima kelompok yang terdiri dari kelas tiga hingga kelas enam dengan jumlah yang hadir 67 yang terdiri 20 peserta lomba, 17 pengisi acara, 12 orang tua siswa dan 16 orang mahasiswa KKN.

Salah satu orang tua siswa Anastasia Nitti mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini memberikan motivasi bagi semangat belajar anak yang biasanya sulit dilakukan orang tua di rumah.

“Kegiatan yang kakak – kakak mahasiswa buat untuk anak-anak di lingkungan ini. Anak-anak belajar sambil bermain bersama membuat mereka semangat belajar. Ini juga sangat membantu orang tua anak yang kadangkala susah mengajar anak belajar membaca, menulis dan berhitung,” ujar  Anastasia Nitti.

Dalam kegiatan ini juga, siswa-siswi SD Inpres Tunbaun 1 memperagakan music perkusi dengan alat-alat sederhana, nyanyian dan tarian daerah yang juga dilatih oleh mahasiswa KKN-PPM Unwira.
 

Oleh: Paulina Piran

UNWIRA - Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Gelar Lomba Aman Calistung bagi Siswa-Siswi SD Tunbaun
UNWIRA - Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Gelar Lomba Aman Calistung bagi Siswa-Siswi SD Tunbaun (Foto Paulina Piran)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved