Berita Sumba Timur Hari Ini

Dukung Pembangunan Pariwisata, Warga Kampung Adat Tarung, Sumba Barat, Siapkan Penginapan Gratis

Warga kampung adat Tarung, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat menyediakan penginapan gratis bagi wisatawan yang ingin menginap di kampung  adat Tar

Penulis: Petrus Piter | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
KAMPUNG TARUNG - Rumah-rumah kampung adat Tarung, Sumba Barat yang siap menjadi penginapan gratis bagi wisatawan. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Warga Kampung Adat Tarung, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat menyediakan penginapan gratis bagi wisatawan yang ingin menginap di kampung  adat Tarung.

Penginapan itu bukanlah hotel, homesty dan sejenisnya tetapi justru adalah rumah adat warga kampung adat Tarung sendiri. Para tamu atau wisatawan bebas memilih rumah untuk menginapnya. Sekitar 28 rumah adat tarung siap menyambut setiap tamu datang berkunjung dan  memilih menginap di rumah-rumah warga kampung adat Tarung.

Ketua suku dan ketua lembaga adat situs Tarung yang juga adalah rato rumata situs kampung adat Tarung, Sumba Barat, Lado Regi Tera menyampaikan hal itu di kediamannya belum lama ini.

Menurutnya langkah itu sebagai salah satu upaya masyarakat adat  kampung Tarung Sumba Barat mendukung percepatan pembangunan pariwisata Sumba Barat.

Selain itu, wisatawan juga bebas berkunjung ke  kampung adat Tarung tanpa ada penarikan biaya. Meski demikian, setiap wisatawan terutama wisatawan luar negeri wajib mengisi buku tamu. Selain untuk mengetahui , seberapa banyak wisatawan manca negara berkunjung ke kampung adat Tarung dalam setahun  juga menjadi pengetahuan bagi sesama wisatawan manca negara yang mengetahui bila temannya telah berkunjung ke kampung Tarung.

Disamping itu, anaK-anak muda Kampung Tarung juga mulai belajar bahasa inggris, mempersiapkan diri menyambut tamu wisatawan berkunjung ke sini. Bahkan ada beberapa anak-anak kampung Tarung menjadi guide lokal bagi tamu manca negara berkujung ke kampung adat Tarung ini.*

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

FOTO Rumah-rumah kampung adat Tarung, Sumba Barat yang siap menjadi  penginapan gratis bagi wisatawan.

KAMPUNG TARUNG - Rumah-rumah kampung adat Tarung, Sumba Barat yang siap menjadi  penginapan gratis bagi wisatawan.
KAMPUNG TARUNG - Rumah-rumah kampung adat Tarung, Sumba Barat yang siap menjadi penginapan gratis bagi wisatawan. (POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved