Berita Kota Kupang

DPRD Kota Kupang Minta Pemerintah Siapkan Anggaran Untuk Sambungan Pipa SPAM ke Rumah Warga 

Pemerintah Kota Pemkot Kupang diminta agar menyiapkan anggaran untuk pemasangan pipa sekunder dan tersier dari SPAM Kali Dendeng untuk sambungan

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
SPAM - Inilah salah satu infrastruktur proyek SPAM Kali Dendeng yang terletak di Kelurahan Penkase-Oelata, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Gambar diambil Sabtu 6 Agustus 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM,KUPANG - Pemerintah Kota Pemkot Kupang diminta agar menyiapkan anggaran untuk pemasangan pipa sekunder dan tersier dari SPAM Kali Dendeng untuk sambungan ke rumah warga.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli, Sabtu 6 Agustus 2022.
Menurut Adrianus, proses pekerjaannya sudah selesai namun pemerintah perlu merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan pipa sambungan ke rumah warga.

"Perlu direncanakan juga  penyiapan anggaran untuk menyiapkan pembangunan pipa distribusi dan sambungan rumah bagi masyarakat," kata Adrianus.

Dijelaskan, sampai saat ini belum diserahkan secara resmi dan baru ada penyerahan sementara kepada Pemkot Kupang,  sehingga belum bisa dikelola dan dimanfaatkan guna dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Kupang. "Oleh sebab itu Pemkot Kupang harus intens melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat agar proses penyerahan segera guna dapat dimanfaatkan masyarakat," katanya.
Adrianus juga mengatakan, jika proyek itu lambat penyerahan secara resmi maka tentu akan berpengaruh juga pada pelayanan air bersih kepada masyarakat.
 

- Debit 150 Liter Per Detik

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan,pembangunan SPAM Kali Dendeng dari Pemerintah pusat. SPAM itu memiliki kapasitas debit150 liter per detik.

Terkait pelayanan, ia mengatakan, saat ini baru hanya 1000 sambungan rumah (SR).

"Saat ini kita hanya layani bagian barat, yakni baru 1000 SR saja

 Air ini bisa disalurkan dengan baik dan satu hari tampung  bisa layani satu bulan di Kota Kupang. Ini belum disalurkan dengan baik, karena kendala dana untuk pembangunan pipa tersier dan sekunder," kata Jefri.

Ditanyai soal anggaran, Jefri mengatakan, untuk kebutuhan pipa tersier dan sekunder itu, pemerintah membutuhkan dana sekitar Rp 
35-46 M.

"Untuk kebutuhan pipa tersier dan sekunder untuk penyaluran air bersih. Tanpa alokasi dana ini maka tidak bisa.
Ada bantuan pusat, tapi Pemkot Kupang harus siap juga dana," katanya.

Menurut Jefri, total anggaran penyiapan pipa tersier dan sekunder diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 76 M.

"Kita hanya siap Rp 46 M dan sisanya ditanggung oleh pemerintah pusat," ujarnya.
Untuk diketahui, proyek SPAM Kali Dendeng ini sudah dilakukan penyerahan sementara ke  Pemkot Kupang. (*)

 

SPAM - Inilah salah satu infrastruktur proyek SPAM Kali Dendeng yang terletak di Kelurahan Penkase-Oelata, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Gambar diambil Sabtu 6 Agustus 2022
SPAM - Inilah salah satu infrastruktur proyek SPAM Kali Dendeng yang terletak di Kelurahan Penkase-Oelata, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Gambar diambil Sabtu 6 Agustus 2022 (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved