PHRI Sebut Ada Banyak Travel Batalkan Paket ke Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Ketua PHRI Manggarai Barat, Sil Wangge mengaku banyak agen-agen travel membatalkan paket wisata ke Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Penulis: Aris Ninu | Editor: Hasyim Ashari
Traveloka
KOMODO - Mengunjungi Taman Nasion Komodo tidak hanya melihat hewan purna Komodo , ada keindahan lain yang menjadi favotir turis yang datang ke tempat itu 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM - Ketua PHRI Manggarai Barat, Sil Wangge mengaku dampak kenaikkan tiket masuk ke Pulau Komodo Labuan Bajo telah membuat banyak agen-agen travel membatalkan paket perjalanan wisata.

“Memang dampaknya bukan hanya di hotel atau di restorant saja tetapi yang paling terdampak itu adalah agen-agen perjalanan yang sudah memjual paket wisata sampai dengan akhir tahun tiba-tiba ada pembatalan," kata Sil Wangge

"Walaupun ada kompensasi misalnya sampai 31 desember itu masih pakai harga lama tetapi karena viral berita baik nasional maupun internasional,” kata Sil yang dihubungi TRIBUNFLORES.COM dari Maumere, Rabu, 3 Agustus 2022 malam.

Ia menjelaskan, wisatawan saat ini terus memantau situasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai. Maka itu, tetap menginginkan wisatawan harus ada di Labuan Bajo.

“Kenaikkan tiket masuk ke Pulau Komodo sebesar Rp 3,75 jutabagi kami sangat besar sehingga kami minta ditunda. Jika pun ada kenaikkan harus secara bertahap. Misalnya dari Rp 500 ribu ke Rp 1 juta. Atau di Pulau Komodo ada tiket masuk tapi di pulau lain jangan diberlakukan tiket masuk,” ujar Sil.

Ia mengatakan, harusnya kenaikkan tiket masuk ke Pulau Komodo diberlakukan dengan sosialisasi yang baik dan ada kompensasi sehingga tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan.

“Maka itu, kami minta ditunda dulu. Apalagi barus selesai masa pandemi Covid-19,” paparnya.

Ia mengatakan, sosialisasi soal kenaikkan tiket masuk Komodo pun baru dilakukan pasca ada protes dari pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

“Saya sarankan mari kita duduk bersama dan bicarakan sehingga ada jalan keluar,” tegas Sil.(ris)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved