Unwira

Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Sosialisasi dan Pembagian Abate di Desa Alas Selatan

Kegiatan Sosialisasi ini melibatkan para aparatur daerah setempat dan seluruh masyarakat Desa Alas Selatan.

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-UNWIRA KUPANG
ABATE - Mahasiswa Peserta KKNT-PPM Unwira Kupang saat melakukan pembagian Abate kepada warga di Desa Alas Selatan Kabupaten Malaka sebagai proses pengabdian masyarakat. 

POS-KUPANG.COM, MALAKA- Mahasiswa peserta KKNT-PPM Unwira Kupang melakukan sosialisasi sekaligus pembagian Abate kepada warga di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka sebagai proses pengabdian masyarakat, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kegiatan dari para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKNT) -  Pemberdayaan Pengabdian Masyarakat ( PPM ) Unwira Kupang ini  mengusung tema 'Bunuh Jentik Nyamuk Agar Keluarga Sehat'.

Kegiatan Sosialisasi ini melibatkan para aparatur daerah setempat dan seluruh masyarakat Desa Alas Selatan.

Kegiatan diawali denga sosialisasi mengenai dampak buruk pertumbuhan jentik nyamuk bagi kesehatan masyarakat dan bagaimana cara menanggulanginya demi terciptanya masyarakat yang sehat.

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Bersama Kelompok Tani Tunas Hijau Baun Tanam Bibit

Lalu dilanjutkan dengan pembagian Abate kepada masyarakat. Tercatat ada 4 dusun yang menerima bantuan Abate, antara lain, Dusun Raimanuk 1, Raimanuk 2, Dusun Lalebun, Dusun Metamauk Oan yang memiliki Sumur utama terbanyak.

Masyarakat menyambut baik kegiatan sosialisasi dan pembagian Abate yang ditunjukkan lewat antusiasme masyarakat dalam mempelajari dan memahami kegunaan Abate guna menanggulangi perkembangbiakan jentik nyamuk.

“Saya sangat senang dengan kehadiran Mahasiswa/i KKNT-PPM Unwira di desa kami, terutama di dusun ini, karena kami saat musim hujan tiba, banyak nyamuk dan banyak warga saya yang sering mengalami  sakit malaria," kata Vincensius Manek Kepala Dusun Lalebun.

“ Saya juga berharap dengan sosialiasi yang dilakukan oleh mahasiswa Unwira, masyarakat bisa lebih memahami bahwa dengan adanya penyebaran abate di sumur mampu membantu mematikan jentik-jentik nyamuk agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit demam berdarah ” tambah Vincensius Manek.

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Gelar Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa Murni di Desa Taloetan

Menurut Kristiandy Keno Mau, Mahasiswa KKN Unwira Selaku Koordinator Lapangan (Korlap) bahwa awal mula  sebelum pembagian, mereka melakukan survei lokasi untuk melihat potensi sumur utama.

Setelah itu mereka melakukan sosialiasi dan melakukan pembagian Abate kepada masyarakat.

"Harapan kami yakni dengan memberikan Abate mampu mengatasi keluhan masyarakat dalam memberantas nyamuk yang jika dibiarkan terus menerus akan berdampak pada peningkatan penyakit demam berdarah (DBD)," jelas Kris.

Menurutnya, ini langkah yang bagus yang dilakukan oleh pihak kampus dan mereka sangat suka menemui warga di lapangan, melihat permasalahan yang terjadi lalu bersama memberikan solusi termasuk mengambil langkah dengan tindakan.

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Bekali Siswa SD Program Aman Calistung

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kampus Unwira, semoga kedepannya tetap ada mahasiwa/i KKN yang datang dan selalu memberikan perubahn untuk kami semua,: kata Arnold selaku Kepala Dusun Metamauk Oan.

Setelah selesai diadakan kegiatan sosialiasi, Mahasiswa/i KKN melanjutkan dengan penyerahan dan penyebaran Abate di salah satu sumur Dusun Lalebun. (*/ Kristiandy Keno Mau)

Ikuti terus berita Pos-Kupang.com di NEWS GOOGLE

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved