Berita Sumba Timur

Bupati Khristofel Praing Ambil Sumpah 268 Pegawai ASN Sumba Timur Tahun 2022

Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing mengambil sumpah para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sumba Timur tahun 2022.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
ASN - Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing saat mengambil sumpah para pegawai ASN dalam kegiatan pengambilan sumpah dan jabatan yang berlangsung di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Senin 1 Agustus 2022 siang. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing mengambil sumpah para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sumba Timur tahun 2022.

Upacara pengambilan sumpah janji pegawai ASN dilaksanakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Senin 1 Agustus 2022 menjelang siang. 

Dalam upacara tersebut, Bupati Khristofel Praing didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Frengky Ranggambani dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Sumba Timur, Thomas Peka Rihi. 

Upacara dihadiri pimpinan perangkat daerah dan undangan serta pihak BUMN dan BUMD. 

Pengambilan sumpah janji didahului oleh pembacaan nama dan jabatan para pegawai ASN. Selanjutnya, Bupati Khristofel Praing mengambil sumpah dan janji para pegawai didampingi para tokoh agama. 

Empat perwakilan pegawai ASN yang menjadi perwakilan peserta yakni Octavina Sri Indra Handayani, David Muti Uma Lende, Abdulah Spd, dan Ni Luh Putu Yuli Widyawati mengambil sumpah di hadapan Bupati Khristofel Praing. 

Mereka didampingi masing masing rohaniawan Kristen, Pendeta Roni Rini Kale Djami, S.Th., rohaniawan Katolik Pastor Heribertus Lewat CSsR., rohaniawan Islam M. Nur Kasim dan rohaniawan Hindu Nyoman Wardana.

Baca juga: Tingkatkan Penerapan E-Government, Pemkab Sumba Timur Gelar Bimbingan Teknis Bagi Perangkat Daerah 

Selanjutnya, juga dilakukan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah oleh perwakilan peserta, saksi dan Bupati Sumba Timur

Dalam sambutannya Bupati Sumba Timur Drs Khristofel Praing mengatakan pelaksanaan pengambilan sumpah janji jabatan merupakan bagian dari ketaatan konstitusional yang dilaksanakan secara normatif dalam birokrasi. 

Meski demikian, Bupati Khristofel Praing berpesan agar para pegawai ASN dalam tugas dan tanggung jawabnya tetap mentaati sumpah dan janji yang diucapkan secara sadar tersebut. 

"Kita buka formasi ini sesuai kebutuhan. Dari ujung Wula Waijelu sampe Letis, baik formasi tenaga pertanian, kesehatan maupun teknis lain itu bukan pejabat yang menentukan, tapi bapak ibu sendiri yang memilih. Jadi laksanakan tugas dengan sebaik baiknya yang sudah dipilih, " ujar Bupati Khristofel Praing. 

Pada kesempatan itu, Bupati Khristofel Praing meminta agar para pegawai ASN itu dapat membayar kepercayaan yang diberikan oleh negara. 

"Selamat untuk semua yang mengangkat sumpah hari ini, kalian adalah yang terpilih dari yang terseleksi. Jadi berilah harga yang pantas untuk kepercayaan ini. Laksanakan tugas dengan baik," tegas dia. 

Sementara itu, Kepala BKPSDMD Sumba Timur, Thomas Peka Rihi mengatakan pengambilan Sumpah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dilaksanakan sekaligus untuk Formasi tahun 2021 dan 2022. Selain PPPK juga dilakukan untuk CPNS tahun 2019.

Para pegawai ASN yang diambil sumpah dan janji oleh Bupati Khristofel Praing berjumlah 268 orang terdiri dari CPNS tahun 2019 sebanyak 96 orang, PPPK 2021 sebanyak 40 orang dan PPPK tahun 2022 sebanyak 132 orang. 

Thomas merinci, PPPK tahun 2021 terdiri dari PPPK penyuluh Pertanian tahun 2021 sebanyak 37 orang dan PPPK Guru tahun 2021 sebanyak 3 orang. 

Selanjutnya PPK Guru Tahap 1 tahun 2022 sebanyak 78 orang, PPPK Guru tahap 2 tahun 2022 sebanyak 50 orang, PPPK Teknis tahun 2022 sebanyak 2 orang, dan PPPK Kesehatan tahun 2022 2 orang. (Ian) 

ASN - Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing saat mengambil sumpah para pegawai ASN dalam kegiatan pengambilan sumpah dan jabatan  yang berlangsung di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Senin 1 Agustus 2022 siang.
ASN - Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing saat mengambil sumpah para pegawai ASN dalam kegiatan pengambilan sumpah dan jabatan yang berlangsung di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Senin 1 Agustus 2022 siang. (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved