Unwira Kupang

Sambut Tahun Ajaran Baru SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira

tahun ajaran baru 2022/2023, lembaga pendidikan Sekolah Dasar Katolik (SDK) Pamakayo, Kecamatan Solor Barat

Editor: Ferry Ndoen
ISTIMEWA
PAMAKAYO - Sambut Tahun Ajaran Baru, SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira 

POS-KUPANG.COM - Menyambut tahun ajaran baru 2022/2023, lembaga pendidikan Sekolah Dasar Katolik (SDK) Pamakayo, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, menggelar rapat tahunan bersama dewan komite dan pemerintah desa setempat pada Sabtu (23/7).

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Desa Pamakayo,  Petrus Kanisius Sani Herin, Ketua Komite, Lodovikus Lebu Herin bersama sejumlah perwakilan orang tua/wali peserta didik itu, juga melibatkan para mahasiswa peserta KKNT-PPM dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang.

Sani Herin dalam sambutannya, mengungkapkan pentingnya menjaga sinergitas antara pemerintah desa, lembaga pendidikan, dan orang tua/wali peserta didik, dalam mewujudkan generasi masa depan yang unggul. Ia berharap agar segala kekuatan yang telah dibangun selama ini akan terus diperkuat, guna menentukan arah perjalanan SDK Pamakayo selama satu tahun ke depan.

Sementara itu, Fransiska Boleng Ledor, Kepala SDK Pamakayo, memaparkan kondisi peserta didik yang selama masa pandemi Covid19 terpaksa menemui sejumlah kendala, sebagai imbas ketiadaan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Menurutnya, peserta didik kelas 1, 2, dan 3 masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis.

Baca juga: Mahasiswa KKNT Literasi Unwira Mandira Kupang Gelar KKN di Desa Duarato

“Kami di sini juga kekurangan tenaga pendidik, sehingga kegiatan belajar mengajar untuk saat ini belum bisa berlangsung secara kondusif. Anak-anak membutuhkan pendampingan ekstra, dan untuk itu, kami mengharapkan bantuan mahasiswa Unwira yang sedang menjalankan program KKN di desa ini, untuk dapat memfasilitasi peserta didik kami dalam kegiatan belajar di luar sekolah,” tutur Ledor.

Jimmy Paul Lewo Laga, ketua kelompok KKNT-PPM Desa Pamakayo menyatakan kesediaan untuk terlibat dalam wacana tersebut. Ia juga menambahkan bahwa salah satu progran wajib KKNT-PPM Unwira ialah Aman Calistung (Adikku Mantap Membaca, Menulis, dan Berhitung).

“Program Aman Calistung ini merupakan kontribusi kami sebagai representasi Unwira, dalam membumikan literasi dasar bagi anak-anak.

Tentu saja hal ini selaras dengan kebutuhan sekolah, sehingga kami bisa berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk mendampingi anak-anak ke depan,” ujar mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling (BK) itu.

Lebih lanjut, Lebu Herin memberikan dukungannya kepada pihak sekolah yang akan menggandeng mahasiswa KKNT-PPM Unwira. Ia berharap keterlibatan para mahasiswa ini dapat membantu anak-anak. Rencananya, selama tiga minggu ke depan, para mahasiswa akan melakukan pendampingan belajar di setiap dusun.

Puncaknya, untuk menyongsong perayaan pesta intan SDK Pamakayo pada 1 Agustus mendatang, sekaligus HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus nanti, mahasiswa KKNT-PPM Unwira akan menggelar berbagai lomba dalam bentuk gebyar calistung dan literasi bagi anak-anak. (*)
Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

PAMAKAYO - Sambut Tahun Ajaran Baru, SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira
PAMAKAYO - Sambut Tahun Ajaran Baru, SDK Pamakayo Gandeng Mahasiswa KKNT-PPM Unwira (ISTIMEWA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved