Tips Sehat

Hati-Hati, Tanda di Kaki Ini Bisa jadi Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi,Jangan Sepelekan Kesemutan

Kenali bahaya Kolesterol Tinggi. Hati-Hati, tanda di kaki ini bisa jadi Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi, jangan sepelekan Kesemutan dan keram

Editor: Adiana Ahmad
net
Tanda Kolesterol Tinggi - Hati-hati tanda di kaki ini bisa jadi Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi. Jangan sepelekan Kesemutan 

POS-KUPANG.COM - Ternyata gampang untuk mengenal Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi. Hati-hati tanda di kaki ini bisa jadi Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi. Jangan sepelehkan Kesemutan

Penyakit Kolesterol tinggi sering tak ditandai gejala awal. Banyak penderitanya yang baru menyadari menderita Kolesterol tinggi setelah terjadi komplikasi. 

Lalu, tanda apakah itu?

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Suyatno Hadi Saputro, Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi bisa dilihat dari tanda di kaki mulai dari kesemutan hingga perubahan warna kuku kaki. 

Dikatakan Suyatno Hadi, Kolesterol Tinggi memberi dampak buruk bagi tubuh dan bisa terjadi pada orang tua hingga usia remaja. Dalam keadaan normal, kolesterol diperlukan oleh tubuh agar tubuh bisa berfungsi secara normal. 

Baca juga: Tanda di Kuku ini Beri Sinyal Anda Menderita Kolesterol Tinggi, Apa Itu? Simak Penjelasan Ahli

Padahal Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh berbagai fungsi penting, salah satunya ialah membantu pencernaan lemak makanan. 

"Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh sebagai ester kolesterol yang dikemas dengan lemak dan protein," ujarnya dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (16/6/2022). 

Dijelaskan, usus mengumpulkan kolesterol makanan menjadi partikel yang disebut kilomikron yang diangkut melalui darah dan akhirnya diambil oleh hati. Lalu, hati mengemas makanan dan kolesterol menjadi Lipoprotein Densitas Rendah (LDL). 

KadarKolesterol Tinggi di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena Serangan Jantung mendadak, Stroke, dan masalah kesehatan lainnya. 

Baca juga: Nafsu Makan Turun dan Sering Mengantuk Bisa Jadi Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi, Tanda Lainnya?

Namun, sebagian besar penyebab Kolesterol Tinggi atau hiperkolesterol adalah berhubungan dengan Gaya Hidup tidak sehat. Faktor Gaya Hidup yang paling sering menjadi penyebab Kolesterol Tinggi

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved