Berita Lembata Hari Ini

Persebata Lembata dan Riwayat Tuan Rumah Jadi Juara El Tari Memorial Cup

Marsianus menegaskan bahwa Pemda Lembata mendukung penuh semua persiapan Persebata Lembata agar bisa tampil maksimal.

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RICKO WAWO
COACH - Coach Maura Hally Betekeneng memimpin latihan tim Persebata di Stadion Gelora 99 yang  berada di desa Pada, Nubatukan, Senin, 18 Juli 2022. Ini merupakan latihan perdana tim Persebata di stadion yang akan jadi venue utama perhelatan Liga 3 El Tari Memorial Cup tahun 2022 tersebut. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo 

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Coach Maura Hally Betekeneng memimpin latihan tim Persebata di Stadion Gelora 99 yang  berada di desa Pada, Nubatukan, Senin, 18 Juli 2022. Ini merupakan latihan perdana tim Persebata di stadion yang akan jadi venue utama perhelatan Liga 3 El Tari Memorial Cup tahun 2022 tersebut.

Meski masih menyeleksi sejumlah pemain untuk masuk dalam skuad utama, coach Maura dan tiga orang asistennya Suban Gorak Tokan, Erminus Duli dan Goni Lamgobelen, tetap memberikan menu latihan yang serius kepada para pemain.

Saat bertemu perdana dengan coach Maura, Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa menyebut bahwa dia belum mau menetapkan target kepada tim karena belum melihat langsung pola permainan mereka. Akan tetapi, Marsianus menegaskan bahwa Pemda Lembata mendukung penuh semua persiapan Persebata Lembata agar bisa tampil maksimal.

Baca juga: Anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira Serahkan Beasiswa PIP di SKO San Bernardino Lembata

Tentu saja, sebagai tuan rumah, publik Lembata memberikan harapan lebih pada tim Persebata Lembata. Tidak hanya ingin menorehkan sejarah di dunia sepak bola NTT, harapan ini juga lahir dari statistik perolehan juara dalam sejarah perhelatan ETMC yang lebih berpihak pada tim tuan rumah.

Sejarah sepuluh tahun terakhir, mencatat daerah yang dipercayakan sebagai tuan rumah perhelatan ETMC selalu beruntung memboyong kemenangan.

Turnamen sepak bola tertua di provinsi NTT ini mencatat dua daerah sempat gagal menjuarai laga ini di kandang sendiri, Persab Belu dalam laga ETMC 2007 di Atambua dan PSN Ngada dalam laga ETMC 2009 di Stadion Lebijaga, Bajawa. 

Tahun 2010 hingga 2019 atau enam kali berturut-turut hajatan ETMC digelar, tim tuan rumah kerap menjuarai menjadi juara.

Sebut saja, tahun 2010 silam, PSKK (Kupang) ketika dipercayakan sebagai tuan rumah ETMC 2010, berhasil menjuarai laga ini setelah mengalahkan Perseftim Flores Timur 1-0 di Stadion Oepoi, Kota Kupang dalam laga final, Senin, 4 Oktober 2010. 

Baca juga: Coach Maura Hally Betekeneng Langsung Pimpin Latihan Pemain Persebata Lembata 

Persedaya SBD (kini Perseda), menjadi tuan rumah tahun 2011 dan menjadi juara sejak menjadi peserta tahun 2007, Persamba Manggarai Barat, ketika dipercayakan sebagai tuan rumah ETMC 2013, berhasil membobol gawang kesebelasan PSN Ngada 3-1 melalui adu pinalti dalam laga final, Jumat, 11 Oktober 2013.

Persami Horo unggul dan menjadi juara tahun 2015, sebagai tuan rumah ETMC pula, menang 2-1 atas Perse Ende di Stadion Gelora Samador Maumere, Jumat, 13 November 2015.

Tuan rumah ETMC 2017 bergeser ke Ende. Laskar Kelimutu mengalahkan PSN Ngada 1-0 dalam laga final yang hanya berlangsung selama 61 menit di Stadion Marilonga Ende, Rabu 9 Agustus 2017 walau diwarnai kericuhan yang tidak dapat dikendalikan.

Tahun 2019, ETMC digelar di ujung Pulau Timor, Kabupaten Malaka sebagai tuan rumah. Sebanyak 21 peserta ikut. PS Malaka gemilang setelah memimpin juara pool A dalam babak penyisihan dengan poin tertinggi dari semua tim yang berlaga. Menumbangkan Persap Alor di babak 8 besar, ‘Laskar Manu Meo’ melaju ke babak semifinal dan mulus ke final. 

Partai puncak PS Malaka vs Persamba Manggarai Barat dalam laga yang berlangsung di Lapangan Umum Betun, Malaka, Rabu, 24 Juli 2019,  Skor 2-3. PS Malaka unggul dan keluar sebagai juara. 

Lalu tahun 2022, Lembata menjadi tuan rumah. Akankah Persebata Lembata menjadi juara? (*)

Berita Lembata Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved