Breaking News:

Prakiraan Cuaca di NTT

Waspada Kekeringan Meteorologis, BMKG Keluarkan Peringatan Sumba Timur Status Awas 

peluang curah hujan di wilayah yang terletak di sisi utara Sumba Timur itu berkisar 70 persen pada Das pertama Juli dan Das kedua Juli

Penulis: Ryan Nong | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
ILUSTRASI - Ini merupakan ilustrasi salah satu padang dengan kondisi kering di wilayah Pandawai Sumba Timur 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – Wilayah Kecamatan Haharu di Kabupaten Sumba Timur NTT kini berstatus awas karena kondisi hari tanpa hujan  (HTH) dengan kategori ekstrem panjang atau kekeringan meteorologis

Dari Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hari tanpa hujan atau HTH di wilayah Haharu berlangsung lebih dari 60 hari. 

Berdasarkan data peluang prakiraan curah hujan, peluang curah hujan di wilayah yang terletak di sisi utara Sumba Timur itu berkisar 70 persen pada Das pertama Juli dan Das kedua Juli. 

"Wilayah ini berstatus awas atau merah karena HTH lebih dari 60 hari," demikian Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji dalam keterangan tertulis yang diterima POS-KUPANG.COM.

Selain Kecamatan Haharu di Sumba Timur, wilayah lain yang masuk status awas untuk hari tanpa hujan adalah Kecamatan Raijua di Kabupaten Sabu Raijua. 

Saat ini, sebut Adji, 96 persen dari total zona musim di NTT masih berada dalam periode musim kemarau berdasarkan analisis Update 10 Juli 2022.

"Diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan," demikian Adji. 

Deret hari kering lebih dari 21 hari hingga lebih dari 61 hari dengan curah hujan  sangat rendah atau kurang dari 20 mm/dasarian memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini. 

Kondisi ini berdampak pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan, pengurangan ketersediaan air tanah dan kelangkaan air bersih serta berdampak pada potensi mudahnya terjadi kebakaran. (Ian

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved