Berita Kupang

18 Barista di Kota Kupang Perang Skill Saat Lomba Mixology Throwdown, Unik Ada Racikan Sirih Pinang

18 Barista di Kota Kupang Perang Skill Dalam Lomba Mixology Throwdown, Ada Racikan Sirih Pinang Event yang diselenggarakan oleh Komunitas Kupang

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
RACIK - Para barista saat meracik minuman dengan bahan dasar kopi NTT dalam event Mixology Throwdown. Acara ini berlangsung di kawasan wisata Pantai LLBK Kota Kupang, Minggu 10 Juli 2022 malam 

18 Barista di Kota Kupang Perang Skill Dalam Lomba Mixology Throwdown, Ada Racikan Sirih Pinang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Sebanyak 18 barista dan bartender di Kota Kupang saling beradu skill dalam lomba Mixology Throwdown. 

Event yang diselenggarakan oleh Komunitas Kupang Menyeduh berkolaborasi dengan Denali Indonesia dan Indonesia Coffe People (ICP) ini merupakan rangkaian acara dalam road to festival 
kopi NTT. 

Kegiatan yang berlangsung di kawasan wisata Pantai LLBK Kota Kupang pada Minggu 10 Juli 2022 malam ini, berhasil menarik perhatian para pengunjung yang tampak antusias melihat aksi para barista. Terlebih lagi, para barista pun ikut tertantang untuk membuktikan eksistensi mereka.  

Baca juga: Kupang Menyeduh Workshop Mixology Menuju Festival Kopi

Para barista tersebut berkompetisi meracik beverage unik berbahan dasar kopi asli NTT dengan campuran berbagai bahan lain seperti Moke (Minuman tradisonal dari NTT), se'i, hingga sirih pinang. 

"Paling utama adalah sirup Denali yang merupakan sponsor utama kita, ada juga dengan campuran moke, se'i, sampai sirih pinang juga ada, jadi para barista bebas berkreasi menghasilkan karya terbaik, " ungkap Ketua Panitia Gilbert Sandy. 

Gilbert menambahkan, dalam sistem penilaian para juri akan menilai keterampilan para peserta dari empat kategori. Diantaranya, performa para peserta, rasa dari racikan yang dihasilkan, kreatifitas, dan visual atau tampilan racikan. 

Semua kopi yang menjadi bahan dasar dari racikan seluruhnya merupakan kopi asli dari NTT. 

"Kita ingin naikkan kopi NTT, ada dari Bajawa, Manggarai, dari Amfoang Selatan, ada juga kopi dari Larantuka dan masih banyak lagi, " jelas Gilbert. 

Dengan adanya event ini Gilbert berharap kopi dari NTT dapat lebih dikenal dan masyarakat mau untuk minum kopi asli NTT. 

Baca juga: Ini Makna Lima Logo Pemenang Lomba Desain Logo Cinta Produk NTT

"Kita ingin masyarakat tahu kalau geliat kopi lagi naik di NTT, semakin banyak yang tahu pastinya masyarakat semakin pengen minum kopi NTT, dengan begitu kita juga ikut membantu petani kopi  yang ada di NTT, dari hulu sampai hilir kita sama-sama sejahtera, " ucapnya. 

Mando Juventino, salah satu peserta yang ditemui menuturkan kopi dari NTT memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat bersaing dengan kopi dari daerah lain bahkan luar negeri. 

"Menurut saya kopi NTT itu sangat enak, tetapi masih kurang di eksplore, melalui event ini diharapkan dapat mengedukasi dan masyarakat tahu bahwa kopi NTT itu sangat enak, kopi NTT jadi tuan rumah di tahan sendiri, jadi raja di Indonesia bahkan mancanegara, " ungkapnya. 

Selain itu, Mando juga mengharapkan kedepan di NTT kopi dapat menjadi lifestyle seperti yang sudah dilakukan daerah-daerah lain di Indonesia. 

"Hampir semua kota di Indonesia kopi sudah jadi lifestyle, saya harap Kupang terkhusus NTT bisa mengikuti jejak ini karena kita punya kopi yang enak hampir dari seluruh kabupaten, " tutupnya. (*)

RACIK - Para barista saat meracik minuman dengan bahan dasar kopi NTT dalam event Mixology Throwdown. Acara ini berlangsung di kawasan wisata Pantai LLBK Kota Kupang, Minggu 10 Juli 2022 malam
RACIK - Para barista saat meracik minuman dengan bahan dasar kopi NTT dalam event Mixology Throwdown. Acara ini berlangsung di kawasan wisata Pantai LLBK Kota Kupang, Minggu 10 Juli 2022 malam (POS-KUPANG.COM/BERTO KALU)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved