Breaking News:

Berita Sumba Timur Hari Ini

BMKG Keluarkan Peringatan Dampak Hujan Lebat, Status Delapan Kecamatan di Sumba Timur Waspada 

Dampak hujan lebat kategori waspada yakni jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsoran

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-TRIBUNNES.COM
Ilustrasi hujan petir cuaca buruk 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU- BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Waingapu menerbitkan prakiraan Berbasis dampak hujan lebat

Kabupaten Sumba Timur masuk kategori waspada pada Kamis 30 Juni 2022 bersama kabupaten Timor Tengah Selatan, Malaka, Kupang, dan Belu

Berdasarkan rilis yang diterima POS-KUPANG.COM dari BMKG Stasiun Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, prakiraan dampak hujan lebat berlaku mulai Kamis 30 Juni 2022 pukul 07.00 Wita hingga Jumat 1 Juli 2022 pukul 07.00 Wita. 

Baca juga: BMKG :19 Provinsi Berpotensi Banjir Rob Pada 11-23 Juni 2022 Termasuk NTT

Terdapat delapan kecamatan yang berstatus Waspada yakni Kecamatan Mahu, Kecamatan Pahunga Lodu, Kecamatan Wula Waijelu, Kecamatan Ngadu Ngala, Kecamatan Umalulu, Kecamatan Rindi, Kecamatan Paberiwai dan Kecamatan Karera.

Dampak hujan lebat kategori waspada yakni jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsoran, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat atau banjir, serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah. 

Masyarakat diharapkan untuk lebih berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. 

Sementara itu, otensi tinggi gelombang akan terjadi di wilayah Selat Sumba serta Samudera Hindia bagian Selatan Sumba dan Sabu. 

Gelombang tinggi 1,25 meter - 2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Sumba, sementara gelombang tinggi 2,5 meter - 4 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Sumba dan Sabu. 

Baca juga: BMKG :19 Provinsi Berpotensi Banjir Rob Pada 11-23 Juni 2022 Termasuk NTT

BMKG mengimbau masyarakat terutama para nelayan di wilayah Pulau Sumba agar mewaspadai tinggi gelombang laut di wilayah itu. 

"Tinggi gelombang laut diperkirakan berkisar 2,5 meter hingga 4 meter di perairan bagian Selatan Sumba - Sabu," tulis BMKG dalam rilis resmi yang diterima POS-KUPANG.COM.

Tinggi gelombang itu beresiko tinggi terhadap terhadap kapal nelayan dan tongkang. 

Karena itu, masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih itu. 

Berdasarkan data pengamatan Sinoptik dan dari pengamatan citra satelit menunjukan kondisi cuaca umum harian untuk wilayah Waingapu berawan hingga hujan ringan.

Baca juga: Hujan Lebat Berpotensi Landa NTT Selama Tiga Hari, BMKG: Waspada Bencana!

Suhu udara berkisar 23°C - 31 °C dan kelembaban udara berkisar 60-95 persen. Sedang angin pada umumnya bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 50 km/jam.(*)

Berita Sumba Timur lainnya 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved