KSP Kopdit Harmoni Jaya Raih Prestasi Kategori Koperasi Sehat di NTT Dengan Skor 90,20 Persen

Koperasi Simpan Pinjam ( KSP ) Kopdit Harmoni Jaya yang beralamat di Kelurahan Namosain, Kota Kupang meraih prestasi gemilang.

Penulis: Edi Hayong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
SEHAT - Pejabat Pengawas Koperasi saat menyerahkan dokumen hasil penilaian terhadap KSP Kopdit Harmoni Jaya yang diterima Ketua Pengurus, Drs. Ambyah disaksikan pengurus Kopdit Harmoni, Sabtu 25 Juni 2022 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Koperasi Simpan Pinjam ( KSP ) Kopdit Harmoni Jaya yang beralamat di Kelurahan Namosain, Kota Kupang meraih prestasi gemilang.

Hasil penilaian pejabat Pengawas Koperasi pada Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT menempatkan KSP Kopdit Harmoni Jaya merupakan koperasi sehat di NTT.

Dari 20 koperasi yang diagendakan untuk tahap pertama ada 8 yang dinilai dan KSP ini meraih skor 90,20 persen untuk 4 kriteria penilaian yakni, tata kelola, profil resiko, permodalan dan kinerja keuangan.

Ketua Tim Pejabat Pengawas Koperasi, Drs. Dominikus Ancis sebagai Ahli Madya menyampaikan ini saat menyerahkan berkas penilaian kepada Pengurus KSP Kopdit Harmoni di Kupang, Sabtu 25 Juni 2022.

Adapun pejabat Pengawas dengan anggota Selestino Savio, SE selaku Ahli Muda dan Siti Rohani, S.E selaku Ahli Pertama.

Dominikus mengungkapkan, saat ini mereka baru mengagendakan 20 koperasi yang dilakukan penilaian.

Ada 8 koperasi sementara ini dilakukan penilaian dengan berpedoman pada kriteria umum yang sudah ada.

"Dari 8 ini 1 koperasi diberikan catatan dengan pemberian sanksi. Sementara 7 lainnya kategori sehat. Ada yang berbeda dari 7 ini yakni KSP Kopdit Harmoni Jaya dimana meraih skor 90,20 persen untuk 4 kriteria penilaian yakni, tata kelola, profil resiko, permodalan dan kinerja keuangan," puji Dominikus.

Khusus untuk 1 koperasi yang belum baik, lanjut Dominikus, akan diberikan surat Keputusan ( SK ), lampiran hasil pengawasan juga pemberian sanksi. Sedangkan 7 lain diberikan sertifikat sehat berupa SK penetapan,  sertifikat hasil pemeriksaan dan kertas kerja hasil pemeriksaan, tandas Dominikus.

Terhadap prestasi yang diraih dengan skor 90,20 persen ini, Dominikus berpesan kepada Pengurus dan Manajemen KSP Kopdit Harmoni untuk dipertahankan dan  jangan sampai turun di tahun buku 2022.

"Jangan sampai turun dan kerja keras untuk dipertahankan. Terutama 4 kriteria itu yakni tata kelola, profil resiko, permodalan, kinerja keuangan," harapnya. 

Dirinya mempersilahkan Pengurus dan Manajemen mengibarkan usaha dengan membuka  cabang. 

Warga  jangan ragu-ragu masuk di Kopdit ini karena hasil penilaian pejabat Pengawas  koperasi ini sehat. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved