Berita Pendidikan

Rektor Unwira Buka Seminar Nasional Matematika 

Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar seminar nas

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI
Seminar Nasional Matematika FKIP Unwira Kupang Sabtu 22 Mei 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar seminar nasional, Sabtu, 21/05/2022. 

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unwira, Pater Dr. Philipus Tule, SVD dan menghadirkan narasumber sumber, Prof. Sudi Mungkasi, Ph.D dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Dr. Dominikus Wara Sabon dari UNDANA dan Dr. Samuel Igo Leton dari UNWIRA Kupang.

"Dampak dari pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai kegiatan akademik dilakukan secara online. Berbagai media pembelajaran online telah kita gunakan seperti Platform CELWIRA, ZOOM MEETING, Cisco Webex untuk konferensi Video dan Online meeting, yang lain menggunakan gamefication atau game edukasi seperti Quizizz yaitu sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif dalam kelas dengan Computer Quiz atau Platform Quiz interaktif," kata Pater Rektor dalam sambutannya. 

"Di pendidikan Matematika, kita pun dituntut untuk melakukan optimalisasi pendidikan matematika berbasis teknologi canggih itu," lanjutnya. 

Pater Rektor menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika mendapat kemudahan untuk belajar, berdiskusi, mencari tugas-tugas dan informasi melalui teknologi mobile. Sementara itu, masih ada pula permasalahan dalam pembelajaran matematika oleh para dosen yang hanya mengandalkan metoda konvensional dengan sarpras / media belajar mengajar visual yang terbatas seperti media animasi yang tak sesuai lagi dengan tahap perkembangan mahasiswa. Karena itu, ada berbagai usaha untuk meng-optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi.  

"Kita juga maklumi bahwa telah ada penelitian tentang pemanfaatan kearifan local dalam pembelajaran, termasuk matematika. Setiap daerah, termasuk NTT, mempunyai keunggulan potensial yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Terkait hal ini, pendidikan umumnya dan pendidikan Matematika khususnya, menjadi salah satu jalur untuk menginventaris aneka kearifan local (local wisdom) dan memanfaatkannya demi pengembangan kwalitas SDM generasi muda dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan berbasis kearifan lokal," ujar Pater Rektor. 

Lanjutnya, pengembangan pendidikan matematika berbasis teknologi dan kearifan lokal, diharapkan dapat membentuk pribadi yang jujur, berakhlak mulia, yang hidup dan dapat berperilaku sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan kontekstual melalui penguasaan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikenal dengan nama etnomatematika. 

"Tapi Etnomatematika yang dimaknai secara lebih luas dan tidak hanya mencakup masyarakat yang kuno yang illiterate atau buta huruf. Etnomatematika yang mencakup kelompok lebih luas, yang konsep dan pemaknaannya dipraktikkan di berbagai kelompok seperti masyarakat suku bangsa Adonara di Flores Timur, Boti di TTS, kelompok pekerja, anak-anak dari kelompok usia atau tingkat pendidikan tertentu, dan lainnya," ujarnya.

Ketua Panitia, Dr. Kristoforus Djawaa Djong, M.Pd menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi terkait dengan Matematika berbasis kearifan lokal, di kalangan guru-guru, dosen dan juga mahasiswa.

Selain itu juga untuk membagikan pengalaman penelitian berbasis kearifan lokal NTT dan juga berdiskusi potensi-potensi penelitian berbasis kearifan lokal NTT dan tujuan ketiga untuk berdiskusi terkat dengan pengembangan hasil penelitian berbasisi kearifan lokal NTT dan juga potensi pengintegrasiaan dalam pemanfaatan hasil penelitian berasis kearifan lokal NTT. 

Peserta kegiatan sebanyak 150 orang yang terdiri dari guru mahasiswa dan dosen.(uzu)

Seminar Nasional Matematika FKIP Unwira Kupang SABTU 22 Mei 2022
Seminar Nasional Matematika FKIP Unwira Kupang SABTU 22 Mei 2022 (POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved