Uwira Kupang

UNIKA Ruteng Laksanakan Lokakarya Bimbingan Karir Bagi Mahasiswa dengan Menghadirkan Pelaku DUDI

empat narasumber dalam lokakarya ini menguguhkan narasi yang menarik dan menginspirasi bagi mahasiswa

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/CHARLES ABAR
Mahasiswa Unika Ruteng usai mengikuti Lokakarya bimbingan Karir di Kampus Unika Ruteng pada Sabtu 21 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Charles Abar

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Membimbing karir mahasiswa merupakan bagian dari pendampingan dan pendidikan di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, baik secara reguler dalam beragam bentuk pengembangan diri maupun secara momental dalam bentuk lokakarya/seminar.

Tahun ini, kegiatan lokakarya bimbingan karir bertema “Bimbingan Karir Menuju Pasar Kerja” dengan mendatangkan narasumber dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Lokakarya ini diikuti oleh mahasiswa tingkat III dan IV dari semua Fakultas dan Program Studi pada lingkup Unika Santu Paulus Ruteng.

Kegiatan bimbingan karir merupakan suatu bentuk respon Lembaga Unika Santu Paulus Ruteng terhadap beragam jenis pekerjaan dan bidang karya yang tersedia bagi para lulusan.

Baca juga: Kadispora NTT: Pesilat Ronaldo Neno Atlet Baik dan Berprestasi 

Melalui kegiatan ini, para mahasiswa dibelajarkan untuk membuka wawasan dan kesadaran, bahwa peluang kerja di era disrupsi sangat terbuka untuk semua orang dari berbagai latar belakang jurusan dan pendidikan.

Hal itu didukung oleh perubahan kurikulum Perguruan Tinggi (PT) dari kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ke kurikulum Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Demikian kata Koordinator Bimbingan Karir Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Hendrikus Midun, S.Fil.,M.Pd., dalam keterangan tertulis yang diterima TRIBUNFLORES.COM,Sabtu 21 Mei 2022.

Hendrik menjelaskan, kemajuan teknologi berdampak pada persaingan kerja yang semakin kompetitif. Dalam kondisi seperti ini setiap orang dituntut untuk memiliki ketrampilan (hard skills-soft skills) yang mumpuni. Dengan memiliki ketrampilan yang mumpuni orang akan mampu berkompetisi dan sukses.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar Ujian Kompetensi Bagi Musisi Ende, PAPPRI Sodor 27 Nama

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk mencapai hard skills dan soft skills mahasiswa, PT terutama unit Bimbingan Karir perlu bekerjasama dan berkolaborasi dengan pelaku dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Dalam kolaborasi itu, para mahasiswa/calon lulusan PT mendapat pengetahuan dan ketrampilan yang semakin komplit.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved