Berita Sikka Hari Ini

Bupati Sikka Beri Bekal Untuk Guru dan Penyuluh Agama di Sikka

peranan pemerintah Kabupaten  Sikka akan turut mendukung program pemerintah pusat dalam melakukan pembinanaan-pembinaan keagamaan

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/NOFRI FUKA
Bupati sikka saat memaparkan materinya di Kantor Kementerian agama Kabupaten Sikka, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Selasa 17 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofri Fuka

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo Hadir dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi guru dan penyuluh agama dalam ranah meningkatkan moderasi beragama dalam keberagaman di Kabupaten Sikka, di Kantor Kementerian agama Kabupaten Sikka, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Selasa 17 Mei 2022.

Bupati Sikka diundang menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan pembekalan dengan menyajikan materi terkait moderasi beragama dalam keberagaman. 

Dalam pembicaraanya, Bupati Sikka mengutip kalimat yang pernah diucapkan oleh Ir. Soekarno, yakni jangan sekali-sekali melupakan sejarah (Jas Merah). 

Baca juga: Pimpin Upacara Peringati Hari Pendidikan Nasional, Begini Pesan Bupati Nagekeo

Kalimat ini sebagai penegasan terhadap materi yang ia bawakan yang mengupas tuntas sejarah perkembangan agama di Kabupaten Sikka dari zaman dahulu hingga berpangkal pada masa sekarang. 

Bupati Roby demikian ia biasa disapa, menjelaskan secara runtut sejarah proses masuknya agama di wilayah Kabupaten Sikka kepada para peserta yang hadir berjumlah 180 orang. 

"Dahulu kala nenek moyang mereka bawa ajaran agama ke sini dan semuanya terjadi aman-aman saja, tenteram dan damai, hingga kini berkembang dan diwariskan ke generasi masa kini dan itu harus dijaga, warisan leluhur kita ini meskipun berbeda keyakinan  antara satu dengan yang lain, tapi kita tetap satu, bhineka tunggal ika," tuturnya menekankan pentingnya tidak melupakan sejarah warisan ajaran agama dari nenek moyang terdahulu. 

Baca juga: Musprov X Inkindo NTT Siap Bangkit dan Kokoh di Era Digital

Bupati Roby mencontohkan, saat ini di rumahnya ia tinggal bersama dengan orang yang beragama lain. 

"Di saya punya rumah itu ada yang agama lain dan itu kita menjaga toleransi beragama dengan memperhatikan makanan," ungkapnya. 

Ia menyampaikan peranan pemerintah Kabupaten  Sikka akan turut mendukung program pemerintah pusat dalam melakukan pembinanaan-pembinaan keagamaan. 

"Sehingga tadi saya juga menyampaikan kita akan buat literasi terkait kehidupan beragama di Kabupaten Sikka dan sejarah-sejarahnya," ujarnya. 

Baca juga: Ekomoni Indonesia Meningkat Berkat Mudik Lebaran

Ia mengharapkan, kerukunan hidup beragama di Kabupaten Sikka tetap terjaga dan peranan para guru dan penyuluh agama harus berperan dalam menyalurkan pendidikan agama di tengah masyarakat. 

"Agama ini menjadi kekuatan besar, dalam membangun kesejahteraan. Agama bukan untuk agama saja tapi untuk seluruh kebahagiaan rohani masyarakat di Kabupaten Sikka," tutupnya. (*) 

Berita Sikka Hari Ini

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved