Berita Kota Kupang Hari Ini

Kampoeng Seni Flobamora Pusat Wisata, Seni Budaya dan Industri Kreatif Masyarakat

letak Kampung Seni Flobamora yang cukup strategis dengan menawarkan pemandangan Pantai Kota Kupang

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
KAMPOENG SENI - Lokasi Kampoeng Seni Flobamora yang terletak di samping Hotel International Sasando, Jalan RA. Kartini, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Kamis 12 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kampoeng Seni Flobamora menjadi salah satu aset milik Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kampoeng Seni Flobamora terletak di Jalan R.A. Kartini, tepatnya di samping Hotel Internasional Sasando, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Tujuan dari pembangunan lokasi Kampoeng Kampoeng Seni Flobamora menjadi pusat wisata, seni budaya dan industri kreatif bagi masyarakat NTT. Kampoeng Seni Flobamora terdaftar sebagai milik Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pariwasata dan Ekonomi Kreatif yang terletak di samping Hotel Internasional Sasando, tepatnya di Jalan RA. Kartini, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Pada Kampoeng Seni Flobamora terdapat area parkiran roda empat dan roda dua dengan kapasitas memadai dalam pengelolaan Dinas Pariwisata. Sedangkan pada bagian dalam Kampoeng Seni Flobamora terdapat tujuh unit stan pusat kuliner, kios cinderamata, plaza, dan alun-alun yang lengkap dengan joging track, gazebo, tribun dan fasilitas permainan anak di lokasi tersebut.

Baca juga: Terangi 4 Desa di Manggarai Barat dan Manggarai Timur PLN Gelontorkan Dana Rp  9 M

Desain pembangunannya dalam bentuk menurun dan bertangga-tangga, serta tempat ramah bagi disabilitas untuk menjangkau lokasi yang terletak di bagian bawah Kampoeng Seni Flobamora.

Selain itu, letak Kampung Seni Flobamora yang cukup strategis dengan menawarkan pemandangan Pantai Kota Kupang dan pantulan matahari senja yang merona. Bahkan kesejukan angin laut mampu memanjakan mengobati stres dan kepenatan dari masyarakat yang mengunjungi kampoeng Seni Flobamora.

Kepada POS-KUPANG.COM, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Zeth Sony Libing melalui Kepala Bidang Destinasi, Wilhem Hermanus menjelaskan pembangunan Kampoeng Seni Flobamor secara bertahap sejak tahun 2019 hingga 2021.

Baca juga: Kata Perpisahan Edwin van der Sar untuk ten Hag Seusai Ajax Amsterdam Kunci Gelar Liga Belanda

Saat ini pada lokasi kampoeng seni terdapat unit stan pusat kuliner dan UKM, bangunan cinderamata, plaza, serta joging track, gazebo, tribun, serta fasilitas permainan anak.

"Kami membangun banyak fasilitas di dalam Kampoeng Seni yang diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan kesenian masyarakat, bukan saja kuliner, tapi juga sejumlah fasilitas panggung konser dan tribun menjadi pusat kegiatan pagelaran seni dan budaya daerah," tambah Wilhem.

Dari tujuh unit bangunan pusat kuliner, ada empat unit bangunan yang disewakan oleh pihak ketiga dalam hal ini Bondi Steak Cafe dan Resto. Sedangkan tiga bangunan kuliner lainnya telah ditempati oleh pengrajin UKM yang rutin membayar sewa per tahun.

Baca juga: Semanajung Korea Memanas , Koera Utara Tembak 3 Rudal Balistik Sekaligus, Korsel Siaga

Terkait harga sewa bangunan di lokasi Kampoeng Seni Flobamora, hingga saat ini pihak Dinas belum mendapatkan hasil perhitungan dari Aprisal terhadap harga sewa dan nilai aset.

"Kami telah mengajukan perhitungan Aprisal sejak tahun 2021 kemarin, akan tetapi hingga saat ini belum mendapatkan hasil perhitungannya, sehingga kami memberikan kepada pihak ketiga untuk memanfaatkan fasilitas di dalam kampoeng seni flobamora agar bangunan asetnya tida mubazir serta memberikan kontribusi bagi PAD," ujar Wilhem.

Pihaknya berharap setelah mendapat hasil perhitungan aprisal, maka pengelolaan aset penunjang pariwisata milik Pemprov NTT semakin meningkatkan nilai ekonomi yang menopang kemajuan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di NTT. (CR14)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved