Berita Manggarai Barat Hari Ini

BPOLBF dan Poltekpar NHI Bandung Teken MoU

Andar menjelaskan, dua klausul atau pasal utama dalam MoU tersebut selaras dengan penyampaian Menparekraf

Penulis: Gecio Viana | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-DIVISI KOMUNIKASI PUBLIK BPOLBF
MOU - Suasana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPOLBF dan Poltekpar NHI Bandung secara online, Selasa 19 April 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), Selasa 19 April 2022.

Hadir dalam penandatanganan MoU secara online yakni Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina didampingi Direktur Industri dan Kelembagaan BPOLBF, Neysa Amelia serta Direktur Poltekpar NHI Bandung, Andar Danova L. Goeltom didampingi Civitas akademika Poltekpar NHI Bandung. 

Dalam sambutannya, Direktur Poltekpar NHI Bandung, Andar Danova L. Goeltom mengatakan, kerja sama tersebut merupakan kerja sama yang strategis dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), khususnya Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. 

Baca juga: Zodiak Cinta Besok 20 April 2022, Gemini Hari Sempurna Untuk Gairah, Virgo Rahasia Perselingkuhan

"Karena kerja sama ini adalah kerja sama yang panjang ke depan dan kaitannya kepada amanah pak menteri (Menparekraf, Sandiaga S. Uno), yakni kaitannya dengan pembukaan lapangan kerja dan perputaran ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya secara virtual. 

Andar menjelaskan, dua klausul atau pasal utama dalam MoU tersebut selaras dengan penyampaian Menparekraf, Sandiaga S. Uno yakni pengembangan Sumber Daya Manusia demi meningkatkan sektor pariwisata dan ekraf. 

Kedua klausal tersebut, rinci Andar, yakni Poltekpar NHI Bandung dan BPOLBF sepakat untuk melakukan kerja sama terkait Bantuan Dana Pendidikan Diploma Empat (D4) dan pembuatan standarisasi kualitas hostel dan homestay di wilayah Flores, Alor, Lembata, Dan Bima (Floratama), dalam rangka pengembangan SDM di sektor parekraf. 

Baca juga: JPU Segera Rampungkan Surat Dakwaan Tersangka Kematian Astri-Lael

"Ini inline, selaras, menyesuaikan dan merujuk Kepada apa yang disampaikan mas menteri terkait pengembangan SDM di badan otorita khususnya di destinasi super prioritas. Standarisasi kualitas hostel dan homestay di Floratama, tentunya dengan aset yang kita miliki dan resources yang kita punya, kita mampu untuk bekerja sama untuk membangun daerah di Floratama untuk kita bisa kembangkan," ujarnya. 

Sebelumnya, kata Andar, Poltekpar NHI Bandung telah melakukan kerja sama dengan Badan Otorita Danau Toba dalam hal pengembangan SDM. Hal ini diharapkan dapat dilakukan bersama BPOLBF

"Untuk diketahui, kami sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan Badan Otorita danau Toba terkait pengembangan SDM dan selanjutnya setelah lebaran kami juga akan melakukan pengembangan re-skilling dan up-skilling untuk para SDM di Badan Otorita Danau Toba, dan untuk selanjutnya kita berharap ini juga bisa dilakukan di Labuan Bajo," jelasnya. 

Baca juga: Penderita Diabetes Tak Dianjurkan Jalani Puasa Ramadan 2022 Jika Muncul Gejala ini, Kenali Tandanya

Andar berharap, MoU yang telah ditandatangani nantinya dapat secara optimal dikerjakan secara kolektif. 

"Tentunya dari MoU ini bukan hal-hal yang sifatnya dokumen, on paper atau di atas kertas. Tapi, yang lebih utama kita mampu mewujudkan implementasi yang lebih konkrit, implementasi yang lebih nyata demi kemajuan pariwisata dan ekraf di Indonesia," katanya.(*) 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved