Undana Kupang

Sebanyak 12 Tim Mahasiswa FKIP Undana Unjuk Kebolehan Debat Bahasa Inggris

Terkait perlombaan, terbagi dalam empat tahap berupa  Babak Penyisihan, Semi final dan Final

Editor: Edi Hayong
DOK-PRODI BAHASA INGGRIS FKIP UNDANA
DEBAT - Pelaksanaan kegiatan lomba debat bahasa Inggris dari Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Undana, Jumat 18 Maret 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana menggelar Lomba Debat Bahasa Inggris (English Debate Championship) Tahun 2022.

Sebanyak 12 Tim dari beberapa jurusan dan program studi FKIP Undana unjuk kebolehan lomba debat Bahasa Inggris yang dilaksanakan via Zoom Meeting.

Ketua Panitia Yunita Reny Bani Bili, S.Pd., M.Ling kepada POS-KUPANG.COM, Jumat 18 Maret 2022 mengatakan kegiatan lomba Debat Bahasa Inggris tingkat mahasiswa FKIP menggunakan British Parliamentary Debate System. 

Pelaksanaan lomba debat berlangsung selama dua hari pada Jumat 18 Maret sampai Sabtu 19 Maret 2022 yang sebelumnya dilakukan Seminar on Debating sekaligus pembekalan bagi Tim Mahasiswa peserta debat pada Selasa, 15 Maret 2022.

Terkait perlombaan, terbagi dalam empat tahap berupa  Babak Penyisihan, Semi final dan Final.

Peserta berjumlah 12 tim dari 7 program studi di FKIP Undana antara lain  Pendidikan Penjaskes, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan PKN , Pendidikan Ekonomi , serta Pendidikan Bahasa Inggris.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi FKIP Undana, Soleman Dapa Taka mengatakan lomba debat bahasa Inggris menjadi salah satu tuntutan bagi mahasiswa untuk mengolah kemampuan berpikir dan keterampilan berdebat serta berpikir logis.

"Tuntutan Kurikulum Merdeka Tahun 2022, kebijakan Pemerintah mewajibkan setiap lomba berjenjang mulai dari tingkat Prodi, kemudian berlanjut ke Tingkat Fakultas, Universitas, hingga tingkat nasional, dengan tujuan menumbuhkan semangat kompetisi mahasiswa dalam berlomba sekaligus memiliki wawasan global," ungkap Soleman.

Wakil Dekan II FKIP Undana, JJ Mesakh mengatakan semua kebijakan nasional sejalan dengan kebijakan universitas yang akan mendapatkan penilaian berbasis kinerja.

"Semua sivitas akademika pada tingkat universitas maupun fakultas tetap berjalan seirama untuk mencapai pembangunan pendidikan tanpa menghilangkan kreativitas kegiatan mahasiswa," ungkap Mesakh.

Terkait penilaian kinerja berdasarkan pelaksanaan akreditasi sehingga memberikan penekanan kepada mahasiswa, maka Kebijakan rektor akan memberikan dukungan dalam bentuk kebijakan anggaran untuk pendanaan kegiatan mahasiswa.

"Khusus dari FKIP akan menganggarkan 12 persen yang bersumber dari dana semua prodi dan unit sehingga semua pihak memiliki tanggungjawab yang sama untuk membangun FKIP semakin berkembang lebih baik," ungkap Mesakh.

Pihaknya meminta agar semua kegiatan mahasiswa termasuk lomba-lomba harus berjenjang mulai dari tingkat prodi, fakultas, universitas, sampai nasional dan jika mendapat penghargaan di tingkat nasional sehingga mendapatkan prestasi.
Ia berharap semua semua peserta lomba debat bahasa Inggris dapat bertanding dengan baik dan menjunjung tinggi semangat sportivitas serta dapat menjaga dan membawa nama baik FKIP Undana di tingkat universitas maupun tingkat nasional.

Salah satu sponsor dari Trinity Academia, Jack Loloin mengatakan melalui debat bahasa Inggris akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan promosi baik dalam bidang akademik maupun personal.

Jack Loloin sebagai alumni FKIP Bahasa Inggris Undana telah merasakan manfaat dari fasih berbahasa Inggris sangat yakin dengan kemampuannya untuk berkompetisi kemudian meraih kesempatan beasiswa pendidikan di luar negeri.
Dirinya meminta kepada para mahasiswa agar jangan takut dalam berkompetisi serta unjuk kemampuan terbaik dan membawa nama baik FKIP Undana di tingkat nasional dan Internasional. (CR14)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved