Berita Kota Kupang

Umat Budha di Kota Kupang Akan Gelar Ibadah Perayaan Imlek di Vihara Pubbaratana Sikumana

Segenap Umat Budha warga Tionghoa yang berdomisili di Kota Kupang akan menggelar perayaan Imlek di Vihara Pubbaratana

Editor: Ferry Ndoen
Umat Budha di Kota Kupang Akan Gelar Ibadah Perayaan Imlek di Vihara Pubbaratana Sikumana
POS-KUPANG.COM/HO/KRISTIN MALEHERE
POS-KUPANG.COM / ISTIMEWA Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi NTT, Indra Effendy, SE.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG, KUPANG - Segenap Umat Budha warga Tionghoa yang berdomisili di Kota Kupang akan menggelar perayaan Imlek di Vihara Pubbaratana Sikumana, Kota Kupang pada Selasa, 1 Februari 2022 mendatang.

Dalam ibadah bersama dari Umat Budha juga mengundang rekan warga Tionghoa lainnya tapi dalam jumlah terbatas sesuai kapasitas Viraha Pubbaratana Sikumana.

Demikian penjelasan Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi NTT, Indra Effendy, SE. kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu 29 Januari 2022.

Effendy mengatakan perayaan Imlek Tahun 2022 berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam masa pandemi sehingga pelaksanaannya sederhana serta mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Promo Sotis Hotel Kupang Menjelang Imlek dan Valentine di Bulan Februari

"Kami merayakan Imlek secara sederhana dalam bentuk ibadah sekaligus syukuran bersama keluarga, serta tidak mengadakan acara besar yang mengundang kerumunan demi mencegah penyebaran Covid-19," ungkap Effendy.

Terkait pelaksanaan ibadah bersama di Viraha akan dilaksanakan pada Selasa, 1 Februari 2022, pukul 16.00 wita, kemudian langsung dilanjutkan dengan syukuran usai pelaksanaan ibadah.

Menurutnya, pelaksanaan Imlek bukan berkaitan dengan keagamaan melainkan tradisi warisan dalam kehidupan masyarakat Tionghoa sampai sekarang.

"Imlek bukan soal keagamaan melainkan tradisi dari setiap Keluarga Tionghoa, dan sejak pandemi selama dua tahun terakhir, pelaksanaan ibadah Imlek dilaksanakan oleh setiap keluarga di rumah masing-masing, sedangkan tahun ini kami mencoba mengadakan perayaan Imlek bagi umat Budha dan warga Tionghoa dalam jumlah lebih besar sesuai kapasitas Viraha Pubbaratana," jelas Effendy.

Baca juga: Fransisco Bessi Ungkap Perayaan Imlek Momentum Kumpul Bersama Keluarga & Rayakan Kebahagiaan

Pihaknya berpesan dalam perayaan Imlek Tahun 2022 bertema Cinta Kasih Dalam Kebhinekaan artinya perbedaan itu hal yang tidak bisa dihindari tapi melalui Imlek mempersatukan semua perbedaan.

"Setiap umat manusia menganut kepercayaan berbeda-beda dengan cara berbeda dengan satu tujuan yang bermuara pada Tuhan Sang Pencipta," ucapnya.

Pihaknya juga meminta agar Perayaan Imlek bagi semua umat manusia dapat menebarkan cinta kasih dan kebahagiaan kepada sesama, dan jangan membuat diri ekslusif.

Segenap Umat Budha juga mendukung pemerintah mencegah Covid-19 dan berharap pandemi segera berlalu sehingga aktivitas dan interaksi antar sesama kembali normal seperti dulu.

"Sejak masa pandemi, semua aktivitas masyarakat dibatasi, bahkan tidak bisa melaksanakan kunjungan ke rumah orangtua dan kerabat karena kondisi kesehatan, sehingga kami berharap pandemi cepat berlalu," pungkasnya. (CR14)

Berita Kota Kupang lainnya:

POS-KUPANG.COM / ISTIMEWA

Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi NTT, Indra Effendy, SE.
POS-KUPANG.COM / ISTIMEWA Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi NTT, Indra Effendy, SE. (POS-KUPANG.COM/HO/KRISTIN MALEHERE)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved