Breaking News:

KKB Papua

Operasi Damai Cartenz terhadap Keamanan Papua Ditanggapi Berbeda Oleh Masyarakat Papua

Pendekatan baru aparat keamanan RI terhadap situasi keamanan di Papua dalam Operasi Damai Cartenz disikap beragam oleh masyarakat Papua.

Editor: Agustinus Sape
DOK POS-KUPANG.COM
Pasukan Yonif PR 501 Kostrad Akhirnya Pulang ke Madiun Setelah hadapi KKB Papua. 

Operasi Damai Cartenz terhadap Keamanan Papua Ditanggapi Berbeda Oleh Masyarakat Papua

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pendekatan baru aparat keamanan RI terhadap situasi keamanan di Papua dalam Operasi Damai Cartenz disikap beragam oleh masyarakat Papua.

Ada yang memberi apresiasi, tetapi ada juga yang menolaknya sebagai propaganda untuk menutupi tindak kekerasan yang telah terjadi di Papua melalui Satgas Nemangkawi.

Perubahan perspektif atau pola pendekatan terhadap situasi keamanan di wilayah Papua oleh Polri dinilai akan membawa kabar baik bagi Indonesia, khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP).

Polri diketahui akan menjadikan Orang Asli Papua sebagai target utama pembinaan yang akan dilakukan dalam operasi Damai Cartenz 2022.

Nama operasi Damai Cartenz sendiri merupakan perubahan dari Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi yang diisi oleh tim gabungan TNI-Polri.

Perubahan pendekatan yang diinisiasi oleh Polri tersebut disambut baik oleh Sekjen Milenial Mitra Polisi (MMP), Doni.

Menurutnya pendekatan yang dibuat Polri khususnya dalam menangani situasi keamanan di Papua sangat humanis.

"Perubahan Pendekatan yang cenderung humanis seperti ini yang dinanti-nanti masyarakat. Kita cukup letih melihat, mendengar dan membaca kabar yang tidak baik soal isu keamanan di Papua.

Melalui perubahan pendekatan ini, kita patut optimis ketegangan yang seringkali memakan korban dapat segera teratasi di tanah Papua," tandas Doni, Jumat 14 Januari 2022.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved