Breaking News:

Berita Kota Kupang

Mengintip Usaha Air Pakai Sumur Resapan, Ini Satu-Satunya di Kota Kupang

Hal itu dia lakukan karena menurut dirinya sangat ekonomis dan tidak membutuhkan banyak biaya daripada membuat sumur bor yang harganya

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
Rofat, pengusaha air di jalan Angrek, Kelurahan Oepura, Kota Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Salah satu pengusaha pengusian air tangki di Kota Kupang membuat sumur resapan untuk menampung air di musim hujan.

Saat ditemui Pos Kupang di tempat usahanya di jalan Angrek, Kelurahan Oepura, Kota Kupang, Jumat, 14 Januari 2022, Rofat mengatakan dirinya membuat beberapa sumur resapan sebagai perangkap air di musim hujan.

"sistemnya seperti embung untuk tangkap air di musim hujan," ungkapnya.

Hal itu dia lakukan karena menurut dirinya sangat ekonomis dan tidak membutuhkan banyak biaya daripada membuat sumur bor yang harganya mencapai 30 juta.

Baca juga: Menang Tipis Tim Tangguh Persija dan KeluarZona Merah, Pelatih Mutiara Hitam Belum Tenang, Alasan?

Dia hanya membuat sumur galian dengan kedalaman sepuluh meter kemudian dengan tiga mesin pompa air dialirkan ke bak penampungan. Dengan kedalam seperti itu kata dia sangat menekan biaya operasional dibandingkan sumur bor.

Selain itu keuntungan dari sumur resapan itu dia masih memiliki cadangan air ketika musim kemarau datang namun tidak menutup kemungkinan akan habis bila disedot terus menerus.

Menurut Pria asal Jawa ini daerah di Kupang bila tidak dibuat sumur resapan seperti itu air akan mengalir terus ke laut sehingga dengan membuat perangkap, air tersebut masih bisa dipakai lagi.

Ketika ditanya soal ketersediaan air di musim panas dia mengaku debit air sudah sangat berkurang karena permintaan air sangat tinggi.

Baca juga: Nama Pemain Anyar Fabiano Hilang di Laga Arema FC vs PSS Sleman, Ini Komentar Dokter Singo Edan

"kalau air habis di sumur kita harus tunggu samai air naik lagi baru di pompa," katanya.

Dia juga meminta agar apabila ada kerjasama dengan pemerintah khususnya PDAM dia ingin ambil bagian dalam kerjasama itu. (cr9)

Rofat, pengusaha air di jalan Angrek, Kelurahan Oepura, Kota Kupang
Rofat, pengusaha air di jalan Angrek, Kelurahan Oepura, Kota Kupang (POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN)

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved