Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Transformasi Ketua Kadin NTT Bobby Liyanto: Kaisar Jeans Gunakan Tenun NTT (Bagian-2/Selesai)

Satu di antaranya dengan membangun kerja sama dengan perusahaan Kaisar Jeans yang bergerak di bidang garmen.

Penulis: Gecio Viana | Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM/HERMINA PELLO
Bobby Lianto 

POS-KUPANG.COM - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Lianto berkomitmen untuk membangkitkan ekonomi di NTT. Satu di antaranya dengan membangun kerja sama dengan perusahaan Kaisar Jeans yang bergerak di bidang garmen.

"Perusahaan ini nantinya akan menggunakan kain tenun NTT di produk bajunya," sebut Bobby Liyanto dalam acara Ngobrol Asyik di Studio Podcast Pos Kupang, Jumat 7 Januari 2022.

Bagaimana bentuk kerja sama Kadin NTT dengan Kaisar Jeans? Berikut ini petikan wawancara lanjutan wartawan POS-KUPANG.COM Annie Toda dengan Bobby Lianto:

Apakah Kadin NTT bersedia menerima para startup untuk lebih dikembangkan?

Tentu, itu tugas kami untuk mentoring, membantu pengusaha-pengusaha baru. Saat ini merupakan era digitalisasi, bagaimana cara Kadin NTT untuk mengedukasi pentingnya digitalisasi bagi para pengusaha.

Kami terlibat untuk mendorong atau menciptakan startup-starup baru, kami ada program 1.000 starup, merupakan program dari Kominfo di mana kami mencari dan membimbing para startup baru untuk mempersiapkan aplikasi mereka, dilombakan dan mempertajam mereka. Karena, banyak startup yang dibuat dengan konsep yang bagus tapi kadang tidak dapat terealisasi dengan baik. Nah, Kadin selama ini terlibat dan menilainya dan memberikan masukan dari sisi ekonominya.

Baca juga: Transformasi Ketua Kadin NTT Bobby Lianto: Dorong Pengusaha Muda Bangun Start Up (Bagian-1)

Barusan saya menjadi juri 1000 startup dan ada 4 startup baru yang menang dan ikut dalam ajang nasional, dan itu setiap tahun dilakukan. Ada banyak aplikasi dan itu berasal dari NTT. Itu bentuk dukungan kami. Dan jika kita dapat investor yang bisa mensupport ini, sangat luar biasa.

Apa tugas dan fungsi Kadin?

Kadin merupakan rumah besar bagi semua pengusaha dan semua bidang organisasi pengusaha, semuanya bermuara di Kadin dan fungsi Kadin secara luas adalah mengayomi setiap pengusaha-pengusaha di daerah, apapun bidang itu, apapun masalahnya. Saya sebentar menerima kunjungan dari para pemilik Perta Shop.

Perta Shop merupakan SPBU kecil yang menjual pertamax, dan ini dimiliki oleh para UMKM, karena nilainya kecil, alatnya kecil, alatnya dibawah Rp 250 juta dan nilai investasinya di bawah Rp 500 juta, nah ini masih masuk UMKM, kalau SPBU nilai investasinya Rp 5 sampai Rp 10 miliar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved