Breaking News:

Berita Sumba Barat

Kadis Kesehatan SBD, Himbau Warga  Jaga Kebersihan dan Tanam Sereh

ia menghimbau masyarakat Sumba Barat Daya perbanyak tanaman sereh di halaman rumah demi mengusir nyamuk.

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/PETRUS PITER
Foto Kepala Dinas Kesehatan SBD, drg.Yulianus Kaleka (ke 2) dari kiri mendampingi bupati SBD, dr.Kornelius Kodi Mete pada acara jumpa pers tentang pencapaian vaksinasi tahun 2021 di hotel Sumba Sejahtera belum lama ini.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, TAMBOLAKA--Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), drg.Yulianus Kaleka menghimbau masyarakat menjaga kebersihan halaman rumah dan lingkungan sekitar demi mencegah terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) terutama memasuki musim hujan kali ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan SBD, Yulianus Kaleka menyarankan masyarakat Sumba Barat Daya menanam sereh atau serai pada halaman rumah warga demi mengusir nyamuk. Dengan cara demikian, warga sudah dapat mencegah diri dari ancaman gigitan nyamuk demam berdarah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya, drg. Yulianus Kaleka menyampaikan hal itu di Tambolaka, SBD, Senin 6 Desember 2021.

Menurutnya, masyarakat perlu mawas diri memasuki musim hujan kali ini bukan hanya menjaga diri  tidak terserang penyakit virus corona tetapi juga adalah menjaga diri agar tidak terserang penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah sangat berbahaya dan mengancam nyawa manusia.

Baca juga: Residivis Kasus Curas Asal Sumba Barat Daya Dibekuk Polisi di Manggarai Barat

Caranya adalah memastikan halaman rumah dan lingkungan sekitar harus bersih. Menutup genangan air, menutup tempat penyimpanan air dan lain-lain. Hal itu demi mencegah berkembangbiaknya nyamuk malaria dan demam berdarah.

Selain itu, ia menghimbau masyarakat Sumba Barat Daya perbanyak tanaman sereh di halaman rumah demi mengusir nyamuk.

Ia menambahkan, saat ini terdapat beberapa warga terserang penyakit DBD dan sedang dalam penanganan puskesmas dan rumah sakit.

Mudah-mudahan dengan kepatuhan kita semua, dapat mencegah diri tertular penyakit demam berdarah.(*)

Berita Sumba Barat Daya Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved