Breaking News:

Berita Sumba Timur

Sumba Timur Zona Hijau Covid-19, Tinus Ndjurumbaha: Terima Kasih TNI dan Polri

Kabupaten Sumba Timur Zona Hijau Covid-19, Tinus Ndjurumbaha: Terima Kasih TNI dan Polri

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – Kabupaten Sumba Timur kini sudah masuk zona hijau kasus Covid-19. Sudah satu bulan lebih sejak 5 November 2021 hingga 6 Desember 2021, semua kecamatan di wilayah itu sudah tidak ada lagi kasus baru Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan TNI, Polri, LSM serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dalam mendukung kelancaran pelaksanaan vaksin Covid-19 sehingga sudah satu bulan ini tidak ada kasus baru Covid-19 di Sumba Timur,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap, yang dihubungi POS-KUPANG.COM, Selasa, 7 Desember 2021.

Meskipun tidak ada kasus baru Covid-19, Tinus Ndjurumbaha, tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumba Timur agar tidak lengah.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan (prokes), menggunakan masker dan menghindari kerumunan atau keramaian,” katanya.

Dari peta sebaran kasus Covid-19 yang dikirim Tinus Ndjurumbaha terlihat jelas bahwa hingga tanggal 6 Desember 2021 pukul 18.00 Wita, 22 kecamatan di Kabupaten Sumba Timur semuanya sudah masuk zona hijau Covid-19.

Peta data sebaran Covid-19 ini juga didukung data pada tempat isolasi kasus aktif Covid-19 di Kota Waingapu Sumba Timur yang sampai saat ini semuanya sudah kosong.

Di tiga tempat isolasi terpusat di Kota Waingapu, yakni Hotel Cendana, Mr. Home Stay, dan Penginapan Bapak Daud, juga sudah tidak ada yang terkonfirmasi Covid-19. Demikian juga yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di RSUD Waingapu sudah tidak ada pasien Covid-19

Untuk mempertahankan kondisi tersebut, jelas Tinus Ndjurumbaha, Satgas Penanganan Covid-19 Sumba Timur akan terus gencar memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Guna menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan atau pelosok desa yang jauh dari akses transportasi, mereka menerapkan pola jemput bola.  Petugas kesehatan tidak lagi menunggu kedatangan masyarakat penerima vaksin Covid-19 di fasilitas kesehatan ( puskesmas dan pustu) yang sudah ada. Tapi petugas menyisir dari dusun ke dusun bahkan masuk sampai tingkat RT dan RW. Hasil penyisiran petugas ke dusun dan RT dan RW ini, masyarakat sangat antusias datang menerima vaksin Covid-19.

Capaian vaksinasi di Sumba Timur hingga, Sabtu, 4 Desember 2021, masing-masing dosis satu 59,35 persen, dosis dua 30,77 persen, dan dosis tiga 0,78 persen. Sasaran vaksinasi meliputi tenaga kesehatan (nakes), usia lanjut, pelayanan public, remaja, dan masyarakat. (kas)

Baca Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved