Breaking News:

Berita Sumba Timur

Pertahankan Sumba Timur Tanpa Kasus Covid-19, Satgas Gencar Vaksin dengan Pola Jemput Bola

Pertahankan Sumba Timur Tanpa Kasus Covid-19, Satgas Gencar Vaksinasi dengan Pola Jemput Bola

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – Tepat satu bulan sejak 5 November 2021 hingga 5 Desember 2021, Kabupaten Sumba Timur tanpa kasus baru Covid-19. Untuk mempertahankan kondisi tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Timur kini terus gencar melakukan vaksinasi dengan menerapkan pola jemput bola.

“Untuk mempertahankan Sumba Timur agar tidak ada lagi kasus positif Covid-19, kami akan terus gencar memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Selain itu, kami juga imbau masyarakat agar jangan lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan (prokes), menggunakan masker dan menghindari kerumunan atau keramaian,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap saat dihubungi hari Sabtu malam, 4 Desember 2021.

Tinus Ndjurumbaha yang juga selaku juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Timur ini, menjelaskan, pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat dilakukan menggunakan pola jemput bola. Artinya, petugas kesehatan tidak lagi menunggu kedatangan masyarakat penerima vaksin Covid-19 di fasilitas kesehatan ( puskesmas dan pustu) yang sudah ada. Tapi petugas menyisir dari dusun ke dusun bahkan masuk sampai tingkat RT dan RW. Alhasil, hasil penyisiran petugas ke dusun dan RT dan RW ini, masyarakat sangat antusias datang menerima vaksin Covid-19.

“Setelah kita sisir ke dusun dan RT/RW ini ternyata masyarakat sangat antusias datang menerima vaksin Covid-19.   Selama ini mungkin karena masyarakat kesulitan menjangkau fasilitas kesehatan dan masalah transportasi sehingga mereka sulit datang ke fasilitas kesehatan,” kata Tinus Ndjurumbaha.

Data yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Sabtu, 4 Desember 2021, hingga tanggal  04  Desember 2021  pukul 18.00 Wita, tidak ada penambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur.

Hasil pemeriksaan PCR/TCM terhadap 14 sampel semuanya dinyatakan negatif. Tidak ada yang positif. Begitu juga pemeriksaan terhadap 232 sampel rapid antigen, semuanya negatif dan tidak ada yang positif.  

Di beberapa tempat isolasi kasus aktif Covid-19 di Sumba Timur pun sampai saat ini semuanya sudah kosong. Di tiga tempat isolasi terpusat, yakni Hotel Cendana, Mr. Home Stay, dan Penginapan Bapak Daud, juga sudah tidak ada yang terkonfirmasi Covid-19. Demikian juga yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di RSUD Waingapu sudah tidak ada pasien Covid-19.

Sementara persentasi capaian vaksinasi di Sumba Timur hingga, Sabtu, 4 Desember 2021, masing-masing dosis satu 59,35 persen, dosis dua 30,77 persen, dan dosis tiga 0,78 persen. Sasaran vaksinasi meliputi tenaga kesehatan (nakes), usia lanjut, pelayanan public, remaja, dan masyarakat. (kas)

Baca Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved