Breaking News:

Berita Rote Ndao

Bupati Paulina Haning dan Wabup Rote Ndao Terjun Langsung Panen Perdana Rumput Odot

Apalagi di musim kemarau, yang sering kesulitan pakan, kata Hermanus rumput Odot ini tepat untuk memenuhi kebutuhan pakan hijau bagi hewan ternak.

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek, didampingi Kadisnak (kiri) melakukan panen perdana rumput Odot. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO--Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, dan Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, melakukan panen perdana rumput Odot, Dinas Peternakan Rote Ndao.

Kegiatan ini dilakukan di lokasi kelompok Sanggabetes di Desa Holoama Kecamatan Lobalain pada Selasa 1 Desember 2021.

Pengembangan/budidaya rumput Odot ini, dilaksanakan oleh Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Rote Ndao. Dimana dalam pelaksanaanya, dilakukan di empat wilayah Kecamatan, yakni, Lobalain, Rote Barat Laut, Rote Barat Daya dan Rote Barat, dengan 12 kelompok pengembang.

Dalam laporannya, Kadis Peternakan, Hermanus Haning menyampaikan ketersediaan rumput Odot ini guna menjamin ketersediaan pakan yang bernutrisi baik bagi kebutuhan ternak.

Baca juga: Obyek Wisata Telaga Nirwana Rote Ndao Sabet Juara I Kategori Wisata Air Terbaik API 2021

Apalagi di musim kemarau, yang sering kesulitan pakan, kata Hermanus rumput Odot ini tepat untuk memenuhi kebutuhan pakan hijau bagi hewan ternak.

Dikatakan Hermanus, dari 12 kelompok pengembang rumput Odot, didalamnya terdapat 162 anggota. Begitu juga dengan kepemilikan hewan/ternak yang dimiliki, disebutnya berjumlah 324 ekor.

"Dengan adanya pengembangan ini, kami harapkan agar bisa dilakukan pengembangan selanjutnya ke wilayah kecamatan lainnya," katanya yang meminta dukungan pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

"Termasuk empat kecamatan yang sudah, kami targetkan sebanyak seratus ribu bibit rumput Odot akan disebarkan sampai ke arah bagian Timur, yakni, Kecamatan Rote Selatan, Rote Tengah, Pantai Baru, Rote Timur dan Landu Leko," sambungnya.

Ia berharap pada tahun-tahun mendatang, Hijauan Makanan Ternak (HMT) sebarannya di semua wilayah kabupaten Rote Ndao.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved