Breaking News:

Berita Malaka

Percepat Pembangunan di Malaka, Pemkab Siap Pinjam Dana di Bank NTT

Percepat Pembangunan di Kabupaten Malaka, Pemkab Siap Pinjam Dana di Bank NTT

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Asisten III Sekda Malaka, Yoseph Parera 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Dalam upaya mempercepat proses pembangunan di Malaka, Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) berencana mengajukan pinjaman ke Bank NTT.

Dalam rencana total pinjaman sekitar Rp 50 Miliar dan inipun sudah dibicarakan melalui Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) untuk selanjutnya diajukan ke Dewan untuk disetujui bersama.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH menyampaikan ini melalui Asisten III Sekda, Yoseph Parera kepada Wartawan di Betun, Rabu (17/11/2021).

Dikatakan Yoseph, dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di Malaka maka melalui TAPD telah merencanakan untuk mengajukan pinjaman di Bank NTT sebesar Rp 50 Miliar.

Hal ini, katanya, sesuai dengan ketentuan atau kriteria yang sudah ditawarkan dari Bank NTT. Bahkan Bank NTT menyanggungi untuk Pemda bisa melakukan peminjaman sampai Rp 140 miliar setahun.

Baca juga: Atasi Krisis Air Bersih, Pemkab Malaka Terapkan Program Pamsimas 

Namun ini harus menyesuaikan dengan kemampuan APBD Malaka. Kalau sampai triliunan tentu daerah lain menyanggupi tetapi untuk Malaka harus mengukur kemampuan pengembalian nanti.

Menurut Yoseph, pemanfaatan dari pinjaman itu, untuk mendukung program pemerintah dalam hal percepatan pembangunan di Kabupaten Malaka terutama membangun pusat pemerintahan.

Selain itu, dana pinjaman ini diarahkan pada membangun tanggul yang sudah roboh akibat banjir pada beberapa bulan lalu.

"Karena kita lihat dukungan dana dari pemerintah provinsi dan BNPB sampai hari ini belum terealisasi. Jadi, fokus pinjaman itu untuk membangun kantor, tanggul di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Benenai dan beberapa infrastruktur lain yang sifatnya sangat urgen," jelas Yoseph.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved