Breaking News:

Berita Internasional

Sindiran Pedas Ini Diucapkan Xi Jinping Saat Bertemu Virtual dengan Joe Biden, Reaksi Presiden AS?

"Kami telah menghabiskan banyak waktu berbicara dengan satu sama lain, dan kuharap kami bisa memiliki pembicaraan bagus juga malam ini," ujar Biden.

Editor: maria anitoda
24h
Joe Biden dan Xi Jinping 

POS-KUPANG.COM- Ketika presiden China Xi Jinping menyapa Gedung Putih Senin malam untuk pertemuan virtual dengan Presiden Joe Biden, keduanya tidak perlu perkenalan.

"Kami telah menghabiskan banyak waktu berbicara dengan satu sama lain, dan kuharap kami bisa memiliki pembicaraan bagus juga malam ini," ujar Biden dikutip dari CNN.

Xi Jinping juga memberi sinyal ia senang bertemu dengan Biden.

"Walaupun tidak sebaik pertemuan tatap muka," ujar Xi saat pertemuan terlaksana, "Saya sangat senang melihat teman lama saya."

Baca juga: Pertemuan Virtual Joe Biden-Xi Jinping: China Peringatkan AS tentang Bermain Api di Taiwan

Pembicaraan ini menjadi permulaan dari sebagian dari pembicaraan paling kritis dalam masa kepresidenan Biden, mengingat hubungan yang rusak antara Washington dan Beijing dan kenyataan yang diakui oleh pejabat administrasi, jika menangani hubungan AS dengan China akan berdampak pada objek internasional paling kritis Biden.

Namun pertemuan itu tidak sarat dari upaya mencari keuntungan.

Hal ini terlihat dari upaya Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, yang membahas ekonomi dua negara.

Yellen yakin jika memotong tarif AS atas impor-impor China dapat mengurangi inflasi, yang saat ini menjadi sumber masalah utama pemerintah AS.

Baca juga: Xi Jinping dan Joe Biden Bahas Isu-isu Strategis Hubungan China-AS pada Pertemuan Virtual

Oktober kemarin AS mengimpor barang-barang China dengan bunga tahunan sebesar USD 600 miliar, meningkat 60% dari tingkat pra-Covid-19 Oktober 2018 lalu.

Aneh untuk berbicara mengenai Perang Dingin antara AS dan China ketika ekonomi industri AS secara besar-besaran bergantung pada impor China, seperti mengutip Asia Times.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved