Breaking News:

Berita NTT

100 Universitas Terkemuka Eropa Ikut Pameran Perguruan Tinggi Eropa di Indonesia

Sebanyak 100 Universitas Terkemuka Eropa Ikut Pameran Perguruan Tinggi Eropa di Indonesia

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Kanis Jehola
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Pameran Perguruan Tinggi Eropa di Indonesia 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - European Higher Education Fair ( EHEF) edisi ke-13 kembali digelar di Indonesia selama dua hari, tanggal 12 - 13 November 2021.

Pameran Perguruan Tinggi yang digelar secara virtual ini diikuti oleh 100 institusi pendidikan tinggi terkemuka yang berasal dari 16 negara Uni Eropa yakni Belgia, Denmark, Jerman, Irlandia, Spanyol, Perancis, Italia, Lituania, Luksemburg, Hongaria, Belanda, Austria, Polandia, Romania, Finlandia dan Swedia.

Pameran pendidikan virtual ini resmi dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Duta Besar Uni Eropa Bapak Vincent Piket menyampaikan, Eropa merupakan tujuan belajar yang populer bagi mahasiswa dan dosen asal Indonesia.

Lebih dari 4.000 mahasiswa Indonesia berangkat ke Eropa setiap tahunnya, dan secara keseluruhanterdapat lebih dari 11.000 mahasiswa dan dosen yang saat ini sedang menuntut ilmu di Eropa.

EHEF untuk kedua kalinya diselenggarakan secara online karena pandemi dan guna menanggapi tingginya minat mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di Eropa.

“Ada beberapa manfaat yang dirasakan para mahasiswa bila menempuh pendidikan di Eropa. EU memiliki 24 bahasa resmi tetapi sebagian besar universitas menyelenggarakan mata kuliah dalam bahasa Inggris. Dengan studi di Eropa, para mahasiswa akan dapat merasakan sistem pendidikan kelas dunia dan mereka akan memperoleh kualifikasi akademik yang diakui di tingkat internasional. Mereka juga akan mendapatkan kesempatan peluang kerja dan penelitian. Selama masa liburan kuliah, para mahasiswa dapat melakukan perjalanan melintasi perbatasan negara anggota Uni Eropa dan mengenal berbagai bahasa dan kebudayaan. Hal ini dapat mengubah masa perkuliahan di Eropa menjadi pengalaman hidup yang berharga,” kata Dubes Piket.

Menempuh pendidikan di Eropa bisa lebih hemat biaya karena negara-negara Eropa berinvestasi dalam sistem pendidikan tinggi mereka sehingga biaya pendidikannya terjangkau bagi para mahasiswa dengan tetap mempertahankan standar kualitas yang tinggi. 

Setiap negara di Eropa memiliki kebijakan biaya sendiri tetapi secara umum, biaya kuliah lebih rendah
daripada negara-negara tujuan belajar lainnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved