Breaking News:

Berita Sumba Barat

105 Calon Kepala Desa di Sumba Tengah Deklarasi  Pilkades Damai 

pihaknya dalam hal ini TNI siap mendukung penuh Polres Sumba Barat dalam pengamanan tahapan pilkades serentak kali ini

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Para calon kepala desa mendengar arahan. 

POS KUPANG.COM, WAIBAKUL -Sebanyal 105 orang calon kepala desa di Kabupaten Sumba Tengah menggelar deklarasi pilkades damai dan menandatangani pakta integritas di aula Kantor Camat Katikutana, Sabtu 6 November 2021.

Deklarasi pilkades damai, itu dipimpin Asisten 1,  Adri Umbu Raisi Sabaora, S.H., turut hadir Kapolres Sumba Barat AKBP FX. IRWAN ARIANTO, S.I.K, M.H., Kasdim 1613 Sumba Barat MAYOR. INF. Andhi Sutianto, S.E., Kabag Ops AKP Antonius Mengga, Kasat Intelkam IPTU Gaspar Kopong Keda S.H., Kapolsek Urban Katikutana, Danki Brimob Kab Sumba Barat,  Danki Brimob Sumba Tengah, Kadis PMD Kab Sumba Tengah Ahmad Jailani S.Pt dan Kabag Tatapem , Rudianto Umbu Dala Sobang. 

Deklarasi damai dan penandatanganan pakta integritas ini dilakukan guna menjamin situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk selama berjalannya tahapan proses pemilihan hingga pasca pemilihihan kepala desa di Kabupaten Sumba Tengah.

Pada kesempatan ini Kapolres Sumba Barat menekankan bahwa Polres Sumba Barat Siap mengamankan jalannya tahapan pilkades serentak 2021. 

Baca juga: Wabup Sumba Barat Minta  Warga Desa Tana Rara Pelihara Sarana Air Bersih

Kapolres juga menyatakan agar  semua pihak dapat menciptakan situasi yang kondusif dan jangan ada provokasi antar sesama calon maupun simpatisan dari masing-masing calon.

"Mari kita ciptakan suasana yang aman, damai dan sejuk selama berlangsungnya gelaran pilkades serentak di kabupaten Sumba Tengah 2021 ini." kata Kapolres dalam rilis yang diterima Pos Kupang, Sabtu (6/11).

Kapolres berharap para calon kades dapat mengendalikan masing-masing simpatisan, jangan ada provokasi yang dapat membuat keresahan masyarakat." 

"Saya tegaskan kami Polres Sumba Barat siap melaksanakan pengamanan selama jalannya proses pemilihan ini hingga selesai, saya tidak segan-segan akan menindak tegas bagi pihak-pihak yang berusaha mengacaukan jalannya pilkades serentak 2021 Kabupaten Sumba Tengah,"tandas AKBP FX Irwan.

Ditambahkan Kasdim 1613 Sumba Barat, pihaknya dalam hal ini TNI siap mendukung penuh Polres Sumba Barat dalam pengamanan tahapan pilkades serentak kali ini.

Asisten 1 Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah , menegaskan agar masing-masing Cakades menaati dan menjalankan isi dari pakta integritas yang telah di tandatangani dan disepakati bersama.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sumba Barat Data Siswa Siswi SD  Penerima Vaksin 

Para calon kepala desa juga harus menjunjung tinggi deklarasi damai yang sudah di nyatakan bersama. 

"Mari kita jaga persaudaraan serta kekerabatan kita,"pintanya. 

Isi dari Paktaintegritas yang telah disepakati bersama, memuat enam kesepakatan antara lain :
1. Siap menjaga Keamanan dan Ketertiban setiap Tahapan Pemilihan Kepala Desa.
2. Siap Menerima Hasil Penetapan Pilkades baik Menang atau Kalah.
3. Siap Mentaati Protokol Kesehatan selama Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa.
4. Siap tidak menggunakan Politik Uang dalam Pemilihan Kepala Desa.
5. Siap tidak membawa Senjata Tajam dan mengkonsumsi Minuman Keras.

Penekanan terakir dari Kapolres Sumba Barat, kita masih dalam situasi Pandemi. Saya harap semua tahapan Pilkades ini tetap dijalankan sesuai protokol kesehatan yang ada. (*)

Berita Sumba Barat Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved