Berita Manggarai

Pilkades Masuki Masa Tenang, Camat Cibal Barat Imbau Cakades Tidak Lakukan Kampanye Terselubung

Pilkades Masuki Masa Tenang, Camat Cibal Barat Imbau Cakades Tidak Lakukan Kampanye Terselubung

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Camat Cibal Barat Karolus Mance, S.Sos.,MM 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Pada Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Manggarai akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak periode 2021-2027 yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021.

Khusus di Kecamatan Cibal Barat terdapat 7 Desa dari 10 Desa yang melaksanakan Pilkades. Dan saat ini tahapan Pilkades dalam masa/Minggu tenang. 

Camat Cibal Barat Karolus Mance, S.Sos.,MM, kepada POS-KUPANG.COM, Minggu 6 November 2021, mengatakan, tahapan Proses Pilkades untuk 7 desa di Kecamatan Cibal Barat  saat ini sudah memasuki fase Minggu tenang.

Karena itu untuk menjaga situasi  yang kondusif dan menjamin terlaksananya pesta demokrasi yang berkualitas, Camat Karolus mengimbau 5 poin penting kepada seluruh masyarakat, para Calon Kepala Desa, Tim pemenangan masing masing dan Panitia.

Baca juga: Sukseskan Pilkades, Plt Camat Ruteng Lody Moa Pimpin Deklarasi Damai

Adapun himbauan itu yakni pertama menjaga keamanan dan ketertiban di desa masing-masing. Kedua, dilarang melakukan kegiatan kampanye terselumbung dengan berbagai modus yang menyebabkan berkumpul atau berkerumunnya orang.

Ketiga dilarang keras melakukan politik uang (Money politics) atau pemberian  barang berupa beras atau makanan instant lainya. Keempat bagi Calon, para saksi  atau setiap orang yang merasa dirugikan  dalam setiap proses/tahapan dapat menyampaikan pengaduan kepada panitia pemilihan secara lisan/tertulis dalam kurun waktu 1X 24 jam disertai but dan saksi sebagaimana yang diatur dalam pasal 53 dan pasal 54 Perbub no 19 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa dalam wilayah kabupaten manggarai. 

Kelima, untuk menjaga rasa keadilan ditengah masyarakat Cibal Barat, Camat Karolus, meminta perhatian panitia untuk  independent dan menjaga integritas, transparan dan akutabel dalam proses Pilkades dicibal Barat. "Homo Homoni Lupus 'Suara Rakyat adalah Suara Tuhan',"tutup Camat Karolus. (*) 

Baca Berita Manggarai Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved