Berita Flores Timur

Ada ODGJ di Larantuka yang Tak Terurus Tapi Punya Kreativitas Anyaman

Ada orang dengan gangguan jiwa ( ODGJ) di Larantuka yang Tak Terurus Tapi Punya Kreativitas Anyaman

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Perada, ODGJ di Kota Larantuka, Flores Timur dengan hasil anyamannya 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Kata siapa orang yang mengidap skizofrenia (ODS) atau orang dengan gangguan jiwa ( ODGJ) tidak bisa berkarya layaknya manusia normal pada umumnya? Ya, jika mereka diurus dan dirawat dengan baik, para ODS dan ODGJ bisa berinteraksi dengan baik bahkan bisa melakukan aktivitas pekerjaan sebagai mestinya.

Di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), ada seorang ODGJ perempuan yang saban hari berjalan kaki dan sering tertidur di jalanan, tanpa ada perhatian dinas terkait. Perempuan yang diketahui berasal dari Pulau Solor itu bernama, Perada. Ia berumur sekitar 50-an tahun. 

Meski mengalami gangguan jiwa, perempuan ini ternyata memiliki kreatifitas menganyam.

Baca juga: Belum Bisa Dipastikan Pelaku Pembunuhan Sadis di Lembata Tergolong ODGJ

Saat ditemui beberapa hari lalu di tepi jalan persis di samping kantor BPN Flores Timur, ia sedang melakukan aktivitas menganyam. Di sampingnya, dikelilingi tumpukan daun lontar yang sudah diiris tipis. Entah diperoleh darimana, namun sebagian daun lontar tersebut sudah dianyam menjadi nyiru.

Aktivis pemerhati human trafficking, perempuan dan anak Flores Timur, Noben Dasilva meminta Pemda Flotim melalui dinas sosial punya perhatian serius terhadap nasib ODGJ yang selama ini ditelantarkan.

Menurut dia, dinas sosial seharusnya membentuk tim khusus yang bekerjasama dengan Satpol-PP dan dinas kesehatan untuk mengurus ODGJ

"Flotim belum punya rumah singgah bagi ODGJ, makanya ODGJ terlantar tak terurus. Dinas sosial semestinya sudah bentuk tim untuk merawat mereka," ujarnya kepada wartawan, Rabu 3 November 2021. (*)
 

Baca Berita Flores Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved