Breaking News:

Berita Sumba Barat

DPR RI Apresiasi Kolaborasi Program Kartu Prakerja dengan Pemerintah Daerah

Anggota DPR RI Apresiasi Kolaborasi Program Kartu Prakerja dengan Pemerintah Daerah

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena berdialog dengan peserta penerima kartu prakerja yang berlangsung di hotel Lele Watu Sumba Barat, Rabu 27 Oktober 2021. Ia ddidampingi Direktur Eksekutif Kartu Prakerja Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Denni Puspa Purbasri, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Rudy Salahuddin, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H-John Lado Bora Kabba, Bupati SBD, dr.Kornelius Kodi Mete dan Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu. Dan dari pihak perbankan dalam hal ini BNI 46 yakni I Gusti Nyoman Dharma putra selaku pemimpin BNI wilayah Bali, NTT dan pemimpin bank BNI 46 Pripinsi NTT, Sapta Rohi dan sejumlah pihak terkait 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik atas berbagai kegiatan yang dilakukan antara Pemerintah Provinsi NTT, termasuk empat kabupaten di Pulau Sumba, dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Beragam kegiatan itu antara lain update perkembangan program, sosialisasi program kepada aparat pemerintah daerah, pendampingan layanan kepada warga serta pengiriman bahan komunikasi. 

Penghargaan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat menghadiri dialog dengan perwakilan penerima Kartu Prakerja dari empat kabupaten di Pulau Sumba di Lelewatu Resort, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 27 Oktober 2021.

“Atas kerja sama erat di level teknis tersebut, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya. Kami berharap, Program Kartu Prakerja dapat semakin dirasa manfaatnya oleh warga NTT,” kata Melki, sapaan akrabnya.

Baca juga: Tiga Bupati Pulau Sumba Dukung Penuh Program Kartu Prakerja

Dalam kesempatan berdialog dengan perwakilan alumni Kartu Prakerja dari Sumba, Melki berharap agar potensi sumber daya manusia Kartu Prakerja ini dapat dimaksimalkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Mereka ini produk jadi, sudah punya keterampilan setelah mengikuti berbagai pelatihan di Program Kartu Prakerja. Tinggal sekarang bagaimana pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota mengoptimalkan alumni Kartu Prakerja menjadi agen penggerak ekonomi daerah sesuai potensi lokal daerah masing-masing,” ungkap Melki.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari memaparkan, sepanjang perjalanan 21 gelombang dari April 2020 hingga saat ini, Program Kartu Prakerja sudah menjaring 11,4 juta penerima manfaat. Dari jumlah itu, sebanyak lebih dari 195 ribu orang penerima berasal dari 22 kabupaten dan kota se-NTT.

“Provinsi NTT mengalami kenaikan jumlah penerima Kartu Prakerja sangat signifikan. Pada 2020 ada 77,1 ribu peserta dan tahun ini meningkat menjadi 119,7 ribu peserta. Kami bersyukur, Kartu Prakerja dapat membantu meningkatkan keterampilan sekaligus menjadi program semi bantuan sosial di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi,” kata Denni.

Baca juga: Airlangga Tegaskan Program Kartu Prakerja  Peluang Untuk Skilling, Upskilling  dan Reskilling

Denni Purbasari juga memaparkan lima bidang pelatihan yang paling diminati penerima Kartu Prakerja di Nusa Tenggara Timur.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved