Breaking News:

Berita NTT

Jaga Rupiah di Selatan Negeri, BI NTT Gelar Gebyar Rupiah 2021

Bank Indonesia (BI) terus mendukung terwujudnya stabilitas sistem pembayaran bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya alat pemba

Editor: Ferry Ndoen
foto: Irfan Hoi/ 
Kepala BI Kpw NTT,  I Nyoman Ariawan Atmaja (baju putih)  

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Bank Indonesia (BI) terus mendukung terwujudnya stabilitas sistem pembayaran bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, Rupiah berperan penting sebagai alat pemersatu bangsa.

Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki 1.192 pulau, 16 etnis asli dan 69 bahasa daerah, peran Rupiah sebagai alat pemersatu sangat terasa. Selain itu, NTT juga memiliki perbatasan dengan luar negeri (Timor Leste) dan memiliki pulau ter-selatan Indonesia yaitu Pulau Rote.

Dengan demikian upaya untuk menjaga Rupiah di Selatan Negeri menjadi salah satu kunci dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia. Menjaga Rupiah dilakukan dengan Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah.

Untuk itu, BI mengajak masyarakat untuk mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah.

Baca juga: Peparnas XVI Papua Akan Pertandingkan 12 Cabang Olahrag, Ini Cabor Yang Dimainkan

Kepala BI Kpw NTT,  I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan, Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober dan Hari Uang 30 Oktober 2021, akan dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat akan sejarah dan perjuangan Rupiah dalam mempersatukan bangsa.

"KPw BI Provinsi NTT akan menyelenggarakan suatu event edukasi CBP (Cinta Bangga Paham) Rupiah dengan nama event GEBYAR RUPIAH NTT 2021 dengan tagline Menjaga Rupiah di Selatan Negeri," katanya, Selasa 19 Oktober 2021.

Event ini  bertujuan memperkuat pemahaman nilai Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di masyarakat untuk menjaga kedaulatan di wilayah paling Selatan NKRI.

Selain itu, turut mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di NTT dengan mengadakan kegiatan pameran dan workshop. Serta sebagai wujud peran serta KPw BI NTT mendukung program edukasi CBP Rupiah BI Wide.

Peningatakan kesadaran masyarakat untuk mendukung clean money policy adalah bagian dari tujan kegiatan itu.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved