Breaking News:

Berita Belu

Pemerintah Pusat Dorong Pemkab Belu Kembangkan Potensi Daerah Dengan Optimal

esuai visi pemerintah yakni, mewujudkan masyarakat Kabupaten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif. 

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara, Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Dr. Drs. Thomas Umbu Pati, M.Si bersama Bupati Belu, Kamis 14 Oktober 2021. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA--Pemerintah pusat mendorong Pemerintah Kabupaten Belu sebagai daerah perbatasan agar mengembangkan potensi daerah dengan optimal. 

Sebagai beranda terdepan NKRI, Kabupaten Belu harus menangkap peluang pasar antar kedua negara demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Hal ini disampaikan Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara, Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Dr. Drs. Thomas Umbu Pati, M.Si ketika memaparkan materi pada kegiatan rakor Penanganan Kerjasama Sosio Ekonomi, Budaya, Keamanan, Demarkasi, Lingkungan Hidup dan Evaluasi Kerjasama Perbatasan RI-RDTL, bertempat di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Kamis 14 Oktober 2021. 

Menurut Thomas, jika sebelumnya, pemerintah dan masyarakat Belu bertanya mengenai dampak apa saja yang dirasakan masyarakat Kabupaten Belu dengan kemerdekaan Timor Leste, maka sekarang mesti berpikir, potensi apa yang harus dipersiapkan oleh masyarakat Kabupaten Belu untuk menangkap peluang pasar di daerah perbatasan. 

Kongkretnya, pemerintah daerah mesti mengembangkan potensi daerah seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dengan konsep jaringan bisnis yang baik dan mengikuti perkembangan pasar. 

Baca juga: Desa Leosama - Kabupaten Belu Keluar Dari Keterisolasian

Selain itu, membangun sumber daya manusia yang baik agar peluang peluang pasar di wilayah perbatasan diambil oleh masyarakat Kabupaten Belu.

Pemerintahan mesti membentuk kelompok tani, kelompok ternak yang profesional untuk mengahasilkan produk produk berkualitas. 

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengungkapkan, pemerintah sedang berupaya mengembangkan potensi daerah seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata yang ada di Kabupaten Belu.

Potensi ini terus dikembangkan sebagai potensi unggulan daerah. 

Kemudian, pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing sesuai visi pemerintah yakni, mewujudkan masyarakat Kabupaten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif. 

Baca juga: Bertemu Ariel NOAH, Begini Reaksi Luna Maya Saat Tau Mantan Vokalis Peterpan Belum Punya Pacar

Bupati Belu mengharapkan, sinergitas pembangunan antar pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten mengingat Belu sebagai daerah perbatasan. 

Bupati menyambut baik kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat kemajuan ekonomi di kawasan perbatasan yang meliputi Kabupaten Belu, Malaka dan TTU. 

Bupati berpesan kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan itu untuk memberikan sumbangsih pikiran dan gagasan untuk kemajuan daerah. (*)

Berita Belu Terkini
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved