Breaking News:

Timor Leste

Timor Leste Pernah Gunakan Rupiah Indonesia, Sekarang Resmi Gunakan Mata Uang Ini, Koin Milik Tiles

Timor Leste Pernah Gunakan Rupiah Indonesia, Sekarang Resmi Gunakan Mata Uang Ini, Koin Milik Tiles

Editor: Gordy Donofan
Istimewa
mata uang Timor Leste, dolar Amerika dan koin Centavo 

POS-KUPANG.COM - Perjalanan Timor Leste untuk mendapatkan kedaulatan kemerdekaan sendiri pun sama panjangnya dengan penggunaan mata uang yang mereka gunakan.

Setelah terbentuknya koloni Timor Portugis pada tahun 1702, mil reis Portugis mulai beredar di daerah tersebut.

Itu berlaku di koloni hingga tahun 1894, ketika Timor Portugis kemudian memperkenalkan mata uangnya sendiri, yaitu pataca.

Ketika invasi Jepang berhasil ke Timor pada tahun 1942, gulden Hindia Belanda pun digunakan di Timor Portugis, yang kemudian diikuti Roepiah pada tahun 1943.

Baca juga: Mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao Mendadak Marah Besar, Ini Penyebabnya

Namun, setelah Perang Dunia II berakhir, Pataca kembali diperkenalkan di Timor Portugis, yang kemudian digantikan oleh Escudo pada tahun 1959.

Ketika Indonesia menginvasi Timor Timur pada tahun 1975 inilah seluruh pulau Timor akhirnya menggunakan Rupiah Indonesia.

Mata uang ini berlaku hingga tahun 2000.

Sampai kemudian Administrasi Transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Timor Lorosae memutuskan penggunaan alat pembayaran yang sah di koloni tersebut menggunakan dolar Amerika Serikat.

Setelah Timor Lorosae merdeka dan berdaulat sendiri pada 20 Mei 2002, negara baru ini memperkenalkan koinnya sendiri pada tahun 2003.

Namun kini yang digunakan sebagai mata uang resmi Timor Leste adalah uang kertas dolar Amerika Serikat dan koin centavo Timor Leste.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved