Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 11 Oktober 2021: Tak Melulu Tanda

Sering tanda diri seorang tak bisa dibaca jelas orang lain. Suami sering tak bisa tahu dengan pasti keunikan istri. Demikian sebaliknya

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Senin 11 Oktober 2021: Tak Melulu Tanda (Lukas 11:29-32)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Setiap orang adalah tanda. Dia khas, unik. Hal itu bisa tampak dari fisik lahiriahnya, ucapan, suara, dan gerak langkah lakunya. Pun kedalaman hati bathinnya yang menyimpan kemisterian diri.

Sering tanda diri seorang tak bisa dibaca jelas orang lain. Suami sering tak bisa tahu dengan pasti keunikan istri. Istri pun belum tahu apa kesukaan suami.

Meski telah berteman sekian tahun, tapi itu bukan jaminan bahwa saya bisa mengenal detail diri teman saya. Tak heran pertemanan sering diwarnai salah paham, bertengkar, berkonflik. Pemicunya, karena kata-kata dalam pesan WA atau FB; atau materi guyon, aksi prank.

De facto ada banyak pertemanan bubar karena soal tak kenal keunikan satu sama lain. Dua sejoli yang sudah diambang mahligai pernikahan pun kadang putus tali ikatan pertunanganan.

Lewat perkenalan, persahabatan , kebersamaan, keaslihan diri, kelebihan dan kekurangan, kebaikan dan keburukan, akan terkuak dan pada gilirannya bisa saling menerima dan memberi. Ada pengertian dan pemahaman, ada keterbukaan dan kepercayaan.

“Angakatan ini adalah angakatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda“, begitu kata Yesus.

Menurut Tuhan, kejahatan punya kaitan dengan tanda. Kejahatan pun bisa muncul karena orang tidak membaca dan memahami tanda.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 9 Oktober 2021: Pelihara Firman

Itulah yang dialami oleh Tuhan sendiri. Dia sudah membuka diri dan melakukan apapun. Tapi orang tetap saja tak mengenal siapakah Dia sesungguhnya dan percaya kepada-Nya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved