Breaking News:

Berita Sikka

HUT Ke-32 SMAS Katolik John Paul II Maumere, Bangkit, Beraksi dan Berkreasi

Halaman Apel SMAS Katolik John Paul II Maumere, Senin, 11 Oktober 2021 pagi tampak ada tenda yang dibangun

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Suasana HUT Ke-32 SMAS Katolik John Paul II Maumere, Senin, 11 Oktober 2021 pagi. 

Lapora Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Halaman Apel SMAS Katolik John Paul II Maumere, Senin, 11 Oktober 2021 pagi tampak ada tenda yang dibangun dan ada tempat altar yang dibangun. Di depan tampak ada tulisan HUT Ke-32 SMAS Katolik John Paul II Maumere dengan tema Bangkit, Beraksi dan Berkreasi.

Di dalam tenda sudah ada para tamu, keluarga besar sekolah itu dan siswa yang duduk mengikuti misa ekaristi yang dipimpin Vikjen Keuskupan Maumere, Romo Jenti, O.Carm dan imam selebran.

Misa yang dirayakan mengenang kelahiran sekolah ini diisi dengan pemberkatan gedung asrama putera dan ruang baca St.Agnes serta peluncuran buku karya siswa dan guru.

Tampak hadir saat misa sesuai pantauan POS-KUPANG.COM, Senin, 11 Oktober 2021 pagi antara lain Sekda Sikka, Ardianus Firminus Parera, S.E, M.Si, Stefanus Sumandi, anggota DPRD Sikka, Pengurus Komite, orangtua dan siswa sekolah itu.

Misa kudus yang berakhir dengan ramah tamah ini berlangsung meriah dan menerapkan prokes ketat.

Vikjen Keuskupan Maumere, Romo Jenti dalam homilinya mengatakan, dalam pendidikan ini terdapat tiga hal penting yaitu ilmu pengetahuan, pengembagan psikologi dan yang merangkul semuanya adalah spiritual.

Kepala Sekolah SMAS Katolik John Paul II Maumere, Romo Fidelis Dua, Pr dalam sambutannya mengatakan, sekolahnya saat ini sedang menggerakkan program sabtu membaca. Akan tetapi untuk semakin mendorong kemauan membaca ruang baca yang dibangun ini menjadi tempat yang nyaman untuk terus membaca. "Kami akan menambahkan judul-judul buku di perpustakaan dari tahun ke tahun dan sepanjang tahun 2020 baik guru dan peserta didik kami telah menghasilkan buah dari literasi 4 buah buku karya terindah dari guru dan peserta didik. Ada program menulis buku setiap tahun dalam alur pendidikan karakter di papan yang saya cantumkan. Ditulis setiap tahun menghasilkan 8 buah buku tahun ini kami sudah memulai 4 buah dan semester ini sedang berjalan dan kalau bisa diterbitkan menghasilkan 4 buah buku lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, pada HUT sekolah ini pihaknya mengharapkan ada dukungan dari semua pihak di Sikka.

"Kehadiran kita bersama hari ini memberikan semangat baru bagi kami untuk terus bangkit, beraksi dan berkreasi karena kerja kami belum selesai. Kami sudah mulai apa yang kami bisa tetapi belum apa-apa kami sudah beri hati dan jiwa juga belum selesai. Belum bisa berbangga dengan apa yang ada karena kami cuma tulang-tulang berserakan kadang rapuh dan tak berdaya tetapi dengan momentum hari ini kami semakin percaya kami bisa," kata Romo Fidelis.

Sekda Sikka, Ardianus Firminus Parera, S.E, M.Si dalam sambutannya mengaku tertarik dengan tema HUT sekolah. Di mana tema itu membuatnya sangat senang. Pasalnya, ia sempat berpikir kalau tema ini sangat cocok di masa sekarang dan perjalanan panjang sekolah ini.

"Saya pikir sekolah ini sudah bangkit. Tahun 1999 sudah bangkit kalau beraksi dan berekreasi saya setuju. Pemerintah mengapresiasi, Pak Bupati juga sempat sampaikan kepada saya kalau ia tetap mengapresiasi sekolah menjadi yang terhebat, itu yang pertama. Yang kedua adalah tantangan sekolah di mana saat ini di jaman globalisasi ada ruang begitu terbuka waktu yang siapa saja, di mana saja, maka ada satu tantangan yang luar biasa yaitu sikap individual yang tinggi dan materialistis yang tinggi. Ada tantangan besar bagi anak-anak kita saat ini. Saya masih bertanya dalam hati apakah masih ada kata bahagia di sekolah ini, pertama guru tidak masuk mereka bahagia,masih deg-degan kalau buka buku, yang berikut bahagia kalau libur. Yang kedua kalau bingung masikah ada kebingungan di sini, yang berikut seluruh pelajaran dekat sekali dengan google," papar Sekda Sikka. (*)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved