Breaking News:

PON Papua

Sembilan Atlet NTT Raih Tiket Semifinal

Hingga, Jumat (8/10), sudah ada sembilan atlet NTT yang merebut tiket ke babak semifinal

Penulis: Sipri Seko | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/SIPRI SEKO
Petinju NTT, Lucky Hari bersama tim pelatih pose bersama wagub NTT, Josef Nae Soi setelah berhasil mengalahkan petinju DKI Jakarta, Gill Mandagi dalam pertandingan di GOR Cendrawasih, Jayapura, Jumat (8/10/2021). 

POS-KUPANG.COM, JAYAPURA - Hingga, Jumat 8 Oktober 2021, sudah ada sembilan atlet NTT yang merebut tiket ke babak semifinal. Atlet NTT yang lolos ke semifinal, yakni dari cabang pencaksilat, Zaki ZP, Jenni Kause dan Ronald Neno. Dari cabang tinju, Anggelina Niis, Yudith Maunino, Erni Ngongo, Mario Kali, Lucki Hari dan dari tarung derajat, Yoseph Amores.

Sesuai regulasi, di cabang beladiri, bila sudah masuk ke babak semifinal, otomatis medali perunggu sudah pasti dibawa pulang. Kalah di semifinal, berarti bawa pulang  perunggu. Bila menang, medali perak sudah pasti dibawa pulang.

Atas hasil ini, wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi yang ditemui seusai menonton pertandingan tinju di GOR Cendrawasih, Jayapura, Papua, Jumat (8/10), optimis atlet-atlet NTT akan mendapatkan prestasi yang tinggi. Dia mengatakan, kualitas yang ditunjukkan atlet NTT sangat bagus sehingga tiket ke final pasti bisa diraih.

"Saya baru saja nonton pertandingan tinju yang luar biasa. Anak kita bermain dengan strategi yang bagus. Lawannya adalah juara nasional. Sebelum main, saya ketemu dia, kita  harus fight. Sebelum main saya ketemu Lucky dan memotivasi dia. Saya bilang menang kalah itu biasa, tapi kita  harus fight dulu. Maka saya ucapkan terima kasih kepada petinju kita yang menang. Hasilnya sangat luar biasa," ujarnya.

Baca juga: Pesepakbola Flotim Baskara Mandala Patut Diberi Penghargaan

"Saya harapkan cabang lain sudah bisa mengembangkan talenta dan kemampuannya agar kita bisa mendapatkan medali," ujar Nae Soi.

Nae Soi mengatakan, dengan hasil ini, peluang NTT untuk mendapatkan medali sangat tinggi. "Peluang kita sangat besar. Tapi saya bilang jangan sombong. Karena kesombongan itu bisa membuat kita kalah," katanya.

Joseph Nae Soe mengatakan, dirinya akan langsung menyaksikan pertandingan di cabang atletik dan tarung derajat di Kabupaten Mimika, Sabtu (9/10). Dia berharap, atlet-atlet NTT bisa menjaga kesehatannnya agar bisa sehat dan bugar saat bertanding.

Sementara itu, cabang Tarung Derajat memulai pertandingannya di GSG Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika. Satu petarung NTT, Yoseph Amores yang turun di di kelas 52,1-55kg membuka peluang merebut medali setelah sukses mengalahkan atlet asal Jawa Timur, Maki Mubarok.

Official Kontingen NTT di klaster Mimika, Frans Sales mengabarkan, Yosep yang berlaga di partai kelima di kelasnya tampil percaya diri saat menghadapi petarung Jawa Timur. "Dia bermain sangat baik sehingga menang dan lolos ke babak semifinal," kata Frans Sales.

Baca juga: Susanti Ndapataka Terima Bonus dari Calvin Reformasi

Tarung Derajat NTT tinggal menyisakan satu atlet lagi, yakni Jors Yefrison Sanga. Jors akan turun bertanding di kelas 75,1 – 80 kg, pada Sabtu (9/10) menghadapi petarung Eko Yusuf Sodik dari Jawa Barat.

Sementara, pertandingan di kelas bantam 56 kg, Lucky Hari berhasil mengalahkan petinju nasional asal DKI Jakarta, Gill Mandagi. Lucki yang tidak diunggulkan dalam pertandingan ini justru tampil percaya diri. Sadar kalau lawannya memiliki kualitas tinggi, Lucky sangat berhati-hati. Kombinasi serangan dan menghindar yang baik, membuat keduanya saling jual beli pukulan.

"Lucki bermain sangat taktis. Kunci kemenangan dia hari ini adalah mampu menguasai dirinya sehingga bermain sangat tenang. Lawannya cukup bagus, namun Lucky mampu mengikuti semua instruksi dengan baik. Lucky memiliki stamina di atas lawannya. Di Kupang dalam sehari, dia latihan 18 ronde, sehingga kalau bertanding tiga ronde, itu bukan masalah bagi dirinya," kata salah satu pelatih NTT, Karel Muskanan.

Dari cabang pencaksilat, Ronald Neno yang tampil di kelas F putra juga lolos ke babak semifinal. Bertanding melawan pesilat Jawa Timur di GOR  Toware, Kabupaten Jayapura, lima orang juri semuanya memenangkan Ronald. Dengan demikian, sudah tiga atlet dari cabang silat yang lolos ke semifinal, yakni Zaki ZP, Jenni Kause dan Ronald Neno. (eko)

Baca Berita PON Papua Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved