Breaking News:

PON XX Papua

Ini Total Rincian Kucuran Dana APBN untuk PON XX Papua, Sri Mulyani: Total Rp 10,43 Triliun

Anggaran negara untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON)XX Papua 2021 diketahui mencapai total sebesar Rp 10,43 triliun.

Editor: Ferry Ndoen
F Drone for Tribun-Papua.com
PON XX PAPUA - Tampak dari udara Kompleks Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura jadi lokasi pembukaan dan penutupan PON XX Papua 2021, Oktober mendatang, Kamis (23/9/2021). 

POS KUPANG.COM -  Anggaran negara untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON)XX Papua 2021 diketahui mencapai total sebesar Rp 10,43 triliun.

Jumlah tersebut diungkap langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. 

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, besarnya dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai PON XX Papua sudah dicairkan semenjak tahun 2018 hingga 2021. 

Selain itu, dana besar juga dikeluarkan pemerintah pusat untuk keperluan pembangunan infrastruktur baru, terutama sarana dan prasarana olahraga sejumlah cabang olahraga dalam PON XX Papua. 

Baca juga: Bayar Utang ke Pemain Persipura Jayapura, Makna di Balik Aksi Push-up Jacksen Tiago dan Ofisial,

Seperti diketahui, infrastruktur pendukung di Papua relatif tertinggal dibandingkan daerah lain. Sehingga pemerintah dirasa perlu untuk membangun beberapa sarana olahraga berstandar nasional, bahkan internasional. 

Sri Mulyani berujar, penyaluran dana APBN untuk PON XX Papua dilakukan lewat berbagai skema, baik belanja langsung kementerian lembaga maupun transfer ke APBD Provinsi Papua. 

"Biaya persiapan dan penyelenggaraan PON ke 20 di Papua dibiayai sejak 2018-2021 oleh APBN (#uangkita) disalurkan melalui APBD (Dana Tambahan Infrastruktur- DTI; Dana Otonomi khusus (DOtsus); Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Aokasi Khusus Fisik (DAKF) dan Belanja KL (PUPR, Perhubungan, Menpora, Kominfo, TVRI/REI)," jelas Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram resminya, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Nonton PON Papua Sambil Wisata, Ini 5 Tempat Bisa Dikunjungi di Sekitar Stadion Lukas Enembe 

Berikut rincian dana APBN untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua:

Tahun 2018 (Rp 1,092 triliun)

Dana Tambahan Infrastruktur (DTI): Rp 881,5 miliar
Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 211,2 miliar
Tahun 2019 (Rp 4,386 triliun)

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved