PON XX Papua

Pembukaan PON XX Papua Meriah, Menkeu Sri Mulyani Beberkan Kucuran Anggaran Acara Dalam 3 Tahun

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX telah berlangsung meriah di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021).Pembukaan gelaran olahr

Editor: Ferry Ndoen
Tribunnews/Jeprima
Sejumlah warga saat berfoto dengan maskot PON XX Papua di Stadion Lucas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021). Stadion dengan daya tampung lebih dari 40.000 penonton ini akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan PON XX Papua. 

POS KUPANG.COM -  Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX telah berlangsung meriah di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021).

Pembukaan gelaran olahraga empat tahunan ini dipusatkan di Stadion Lukas Enembe dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Jokowi pun mengajak untuk merayakan PON ke-XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

ejumlah artis ternama Indonesia akan mengisi upacara pembukaan PON Papua, mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua, hingga Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Baca juga: Tim Sepakbola Tuan Rumah Pesta Gol Libas Tim Flobamora NTT Skor 0-4 PON XX Papua 2021

Presenter Raffi Ahmad didaulat menjadi MC upacara pembukaan PON XX Papua ini. Raffi ditemani Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku. Suami Nagita Slavina itu tampak mengenakan jaket spesial PON XX dan topi adat Papua.

Anggaran APBN

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan anggaran negara yang sudah dihabiskan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. 

Dana APBN yang tak sedikit ini dikucurkan secara langsung melalui kementerian lembaga dan dicairkan bertahap sejak tahun 2018. Selain itu, duit APBN juga disalurkan dalam skema bantuan untuk APBD Pemerintah Provinsi Papua.

"Biaya persiapan dan penyelenggaraan PON ke 20 di Papua dibiayai sejak 2018-2021 oleh APBN (#uangkita) disalurkan melalui APBD (Dana Tambahan Infrastruktur- DTI; Dana Otonomi khusus (DOtsus); Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Aokasi Khusus Fisik (DAKF) dan Belanja KL (PUPR, Perhubungan, Menpora, Kominfo, TVRI/REI)," jelas Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Opening PON XX Papua, Ribuan Warga Rela Berdiri di Balik Pagar Stadion Lukas Enembe 

Berikut rincian dana APBN untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua:

Tahun 2018

Dana Tambahan Infrastruktur (DTI): Rp 881,5 miliar
Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 211,2 miliar
Tahun 2019

Dana Tambahan Infrastruktur (DTI): Rp 716,5 miliar
Dana Otonomi khusus (DOtsus): Rp 1,44 triliun
Dana Bagi Hasil (DBH): Rp 1,708 triliun

Baca juga: Kemeriahan hingga Kejutan Pembukaan PON XX Papua, Presiden Jokowi Diminta Turun Panggung

Dana Aokasi Khusus Fisik (DAKF): Rp 18,55 miliar
Belanja Kementerian/Lembaga: Rp 999,66 miliar
Tahun 2020

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved