Breaking News:

Berita TTS

BLT di Desa Teas Kabupaten TTS Cair Lima Tahapan

Tahun 2021, Desa Teas, Kecamatan Noebeba, Kabupaten TTS mengalokasikan anggaran senilai Rp 421.200.000 yang bersumber dari Dana Desa untuk program ban

Penulis: Dion Kota | Editor: Ferry Ndoen
pk/dion kota
Nampak suasana klarifikasi enam lansia dari kelompok tidak mampu yang tidak masuk dalam daftar penerima BLT Dana Desa 

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG. COM | SOE - Tahun 2021, Desa Teas, Kecamatan Noebeba, Kabupaten TTS mengalokasikan anggaran senilai Rp 421.200.000 yang bersumber dari Dana Desa untuk program bantuan langsung tunai (BLT). Anggaran BLT ini dialokasikan untuk 117 penerima BLT yang ada di Desa tersebut. Dimana, per bulan masing-masing penerima mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp. 300.000.

Kepala Desa Teas, Melianus Sabat mengatakan, awalnya pemerintah desa hendak mengalokasikan BLT untuk 160 penerima. Namun oleh Dinas PMD Kabupaten TTS diarahkan untuk menurunkan jumlah tersebut menjadi 125 penerima. Tahun ini, kembali oleh Dinas PMD disuruh untuk kalau bisa diturunkan lagi jumlah penerima BLT sehingga menjadi 117 penerima.

" Dari Kabupaten arahkan kita Kalai bisa turunkan jumlah penerima BLT sehingga terakhir kita hanya 117 penerima BLT. Akibat penurunan ini ada beberapa nama yang kita keluarkan," ungkap Melianus kepada POS-KUPANG.COM, Jumat 1 Oktober 2021.

Disinggung terkait realisasi pencairan BLT, Melianus menjelaskan, untuk desa Teas realisasi BLT berlangsung dalam lima tahapan. Tahapan pertama pembayaran khusus bulan Januari. 

Baca juga: Mahfud MD Jamin Pembukaan PON XX Papua oleh Presiden Jokowi Akan Lancar, Diantisipasi Berlapis

Tahap kedua khusus bulan February, Tahapan ketiga bulan Maret sampai Juni dan Tahapan empat bulan Juli sampai September.  Keempat tahapan tersebut sudah dibayar dan tersisa satu tahapan lagi atau tahapan kelima yaitu pembayaran untuk bulan  Oktober hingga Desember.

" Empat tahapan sudah kita bayarkan sisa satu tahapan lagi yang belum kita bayarkan yaitu untuk bulan Oktober hingga Desember," jelaanya.
Ketika ditanya terkait adanya enam lansia dari kelompok warga tak mampu yang tak terakomodir dalam daftar penerima BLT tahun 2021, Melianus tak menampiknya. Dirinnya berjanji akan mengakomudir ke enamnya pada program BLT tahun 2022.

" Sesuai arahan Dinas PMD tahun depan ada penambahan penerima BLT sehingga akan kita akomodir ke enamnya di tahun depan," janjinya. 
Diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Teas, Kecamatan Noebeba, Melianus Sabat angkat bicara terkait polemik 6 lansia dari keluarga tidak mampu yang tidak masuk dalam daftar penerima BLT dana desa tahun 2021. Melianus mengatakan, tidak masuknya nama ke enam lansia tersebut dalam daftar penerima BLT Dana Desa disebabkan karena nama ke enamnya tidak masuk usulan dari tingkat RT. 

" Kalau mau kasih salah, seharusnya kasih salah ketua RT kenapa nama ke enam lansia tersebut tidak diusulkan ke desa. Kalau tidak diusulkan bagaimana kita bisa tetapkan sebagai penerima BLT," ungkap Sabat kepada POS-KUPANG. COM, Jumat 1 Oktober 2021.

Untuk diketahui Selain Beci Fallo, Naomi Ataupah, Elisabeth Taunu, Gideon Liunima, Pitronela Timo dan Oktoviana Selan yang merupakan lansia dan masuk kategori Keluarga tidak mampu di Desa Teas tidak terakomodir dalam daftar nama penerima BLT Dana Desa Tahun 2021.

Hal ini membuat keenam lansia tersebut kecewa dengan kinerja kepala desa. Informasi beredar, jika sang kepala desa dalam menetapkan daftar nama penerima BLT cenderung "pilih kasih". Sang Kades disebut lebih banyak mengakomodir keluarga sendiri.

Ketua RT 19/10 dusun 3, Yayah Betty membantah pernyataan Kepala Desa terkait nama lansia yang tidak diusulkan Ketua RT dalam Musyawarah Desa. Ia mengaku, dua lansia atas nama Petronela dan Gideon Liunima sudah diusulkan dalam musyawarah desa namun tidak diakomudir. Saat itu, kepala desa beralasan akan mengkomudir secara bertahap. (din)

Berita TTS Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved